Begini cara Puslatprov Hindari Atlet Papua dari Penularan Covid-19

Ketua Puslatprov, Brigjen TNI Irham Waroihan / Djarwo

JAYAPURA, wartaplus.com - Puslatprov KONI Papua tak tinggal diam untuk mencegah penularan virus corona (covid-19) yang mulai menyerang sejumlah wilayah di Indonesia. Untuk menghindari para atlet Papua dari ancaman virus corona, Puslatprov mulai memproteksi seluruh aktivitas atlet yang tengah berlatih.

Ketua Puslatprov, Brigjen TNI Irham Waroihan mengatakan, pihaknya kini telah memutuskan untuk melarang seluruh atlet di masing-masing cabang olahraga untuk tidak melakukan TC maupun try out ke luar negeri.

"Kegiatan Puslatprov tentunya sangat berkaitan erat dengan kebijakan pemerintah pusat maupun daerah dalam rangka penanggulangan vurus corona. Nah, sementara ini kita sudah memprotek semua atlet kita dengan melarang melaksanakan TC di luar negeri, begitupun dengan yang try out," ujarnya, belum lama ini.

Lanjut jelasnya, proteksi tersebut juga diberlakukan bagi para atlet yang tengah menjalani TC di Pulau Jawa dan di dalam Papua, dengan cara membatasi aktivitas para atlet di tempat umum.

"Kita batasi gerak mereka cukup di tempat latihan saja dan tidak kemana-kemana termasuk kita karantina juga tidak boleh menerima tamu yang bersifat internal, terutama yang disekitar Jayapura ini tim medis kita juga melakukan pengecekan-pengecekan langsung ke atletnya," jelasnya.

"Kita juga sudah koordinasikan semua ke pengprov dan pelatih-pelatihnya untuk memproteksi atlet mereka," tambahnya.

Ia membeberkan, pihaknya kini memfokuskan pada program awal Puslatprov yakni pemantapan, yang nantinya dalam bentuk latihan mandiri dalam artian di tempat masing-masing sambil memelihara fisik mereka. 

"Kita belum tahu sampai kapan akan seperti ini, apalagi ini ada informasi untuk tanggap darurat nasional yang diperpanjang. Kita belum tahu sampai kapan, tapi apapun kebijakannya semua akan kita ikuti," pungkasnya.**