Penyebaran Covid-19 Terus Meluas, Pemprov Papua Barat Belum Batasi Kunjungan WNA

Wakil Gubernur Papua Barat, Mohammad Lakotani/ Andy

JAYAPURA, wartaplus.com, – Wakil Gubernur Papua Barat, Mohammad Lakotani, menegaskan bahwa hingga saat ini Pemerintah Provinsi Papua Barat belum memberlakukan pembatasan kunjungan Warga Negara Asing (WNA) ke Papua Barat

“ Untuk pembatasan kami belum lakukan karena kami yakin bahwa setiap orang asing yang masuk pasti melewati beberapa pintu masuk seperti Jakarta, Makassar dan sudah melalui pemeriksaan di bandara. Jadi kami sejauh ini belum menerapkan pelarangan WNA masuk ke Papua barat,” kata Wakil Gubernur Papua Barat, Mohammad Lakotani di Kota Jayapura, Sabtu (14/3)

Meski begitu, ia mengaku bahwa saat ini Pemerintah Provinsi Papua Barat terus melakukan persiapan dengan membentuk tim penanggulangan penyebaran virus corona untuk menghadapi masuknya virus corona atau covid-19 di Papua Barat.

“ Kami sudah bentuk tim penganggulangan penyebaran virus corona dan sejumlah langkah-langkah lainnya termasuk mempersiapkan sarana prasarana yang akan digunakan seperti ruang isolasi apabila ditemukan pasien yang terpapar virus corona,” ungkapnya.

“ Kita juga sudah berkomunikasi dengan dinas terkait, kemudian berkoordinasi dengan Imigrasi, Pelabuhan, Bandara, Kumham dan instansi lainnya untuk selalu waspada dan memantau masuknya virus corona ke Papua Barat,” sambungnya.

Lakotani juga menghimbau seluruh masyarakat Papua Barat tetap tenang dan mulai menerapkan hidup bersih.

“ Kami mengajak semua masyarakat di Papua Barat untuk tetap bersabar dalam menerima informasi melalui media dan jangan panik. kami juga himbau masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan hidup sehat sehingga tidak terdampak virus corona,” ajaknya.**