Lakukan Patroli di Perbatasan RI-PNG, Polisi Temukan 40 Paket Ganja

Puluhan paket ganja tak bertuan yang ditemukan di kawasan perbatasan RI - PNG/Istimewa

JAYAPURA, wartaplus.com – Sebanyak 40 paket ganja kering tak bertuan ditemukan anggota kepolisian di Perbatasan RI-PNG, Sabtu (14/3)

Kapolsubsektor Skouw, Iptu Kasrun menjelaskan temuan ganja kering itu berawal dari laporan masyarakat atas adanya pengrusakan di kawasan bak Air Skouw yang sering dilintasi warga dari PNG

"Ketika kita sedang melakukan patroli untuk menindaklanjuti laporan warga kami menemukan sebuah tas ransel di jalan setapak menuju TKP (tempat kejadian perkara) kasus pengrusakan, lantaran curiga anggota melakukan pengecekan dan mendapati puluhan paket ganja kering siap edar," ucapnya Minggu (15/3) pagi.

Lanjut Kasrun, belum diketahui siapa pemilik dari puluhan paket ganja itu, namun dugaan kuat ganja tersebut nantinya akan diedarkan di Kota Jayapura dan sekitarnya.

"Kami menduga, sebelumnya pelaku telah melakukan transaksi jual beli dengan menaruh barang bukti itu di semak-semak dan selanjutnya akan di ambil oleh pelaku lainnya," cetusnya.

Kasrun mengungkapkan, lokasi temuan ganja berada di salah satu jalur tikus yang menghubungkan Papua dan PNG yang sering dilalui oleh pelaku penyelundupan ganja dari PNG.

"Wilayah tersebut menjadi antensi untuk dilakukan patroli rutin, karena di duga kuat daerah tersebut merupakan tempat transaksi narkotika jenis ganja dari negara tetangga PNG," terangnya.**