Tes Event PON XX Bakal Tetap Digelar, Tapi?

Wakil Ketua KONI Pusat dan Ketua Panitia Pengawas Pengarah (Panwasrah) PON XX, Suwarno / Djarwo

JAYAPURA, wartaplus.com - Tes event sebelum perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dipastikan bakal tetap digelar untuk mengecek kesiapan tuan rumah penyelenggara.

Namun, diungkapkan Wakil Ketua KONI Pusat dan Ketua Panitia Pengawas Pengarah (Panwasrah) PON XX, Suwarno, tes event bakal digelar setelah seluruh peralatan perlengkapan di masing-masing venue telah tiba.

"Itu nanti akan dilakukan setelah peralatan venue sudah datang semuanya. Peralatan itu sendiri sebetulnya tiba pada bulan Juli, kecuali kalau ada beberapa cabor seperti dayung yang akan sedikit lama pada bulan September," ungkap Suwarno kepada wartawan di sela-sela Rapat Koordinasi bersama Technical Delegate, Sabtu (14/3).

"Kemudian Agustus nanti itu ada peralatan layar, selam dan renang laut terbuka. Dari situ kita berharap untuk mengantisipasi pelaksanaan tes event ini," sambungnya.

Kata Suwarno, tes event itu juga menjadi bagian yang sangat penting sebelum perhelatan PON XX untuk mengukur dan mengecek kesiapan Panitia Penyelenggara di masing-masing cluster. 

"Tes event itu kan untuk menguji kemampuan panitianya juga, supaya panitia yang ditunjuk itu bisa dilihat kesiapan kerjanya seperti apa dan tugasnya bagaimana," tekannya.

Suwarno berharap, tak ada lagi kendala berarti dalam proses pengadaan peralatan tersebut. Termasuk peralatan yang dihibahkan dari Asian Games.

"Peralatan kita berharap tidak ada masalah. Mungkin ada tapi sifatnya tidak banyak untuk peralatan yang dari Asian Games, itu kan sudah dilimpahkan oleh induk cabor, nah, dari induk cabor nanti akan melihat apakah perlu dibantu dengan cara disewa peralatannya itu perlu di koordinasikan oleh bidang peralatan dan perlengkapan disini," tutup Suwarno.**