Tim Srena Mabes Polri Lakukan Studi Kelayakan Pembentukan Polres Dogiyai

Kunjungan Tim Srena Mabes Polri di Polres Nabire untuk melakukan studi kelayakan pembentukan Polres Dogiyai / Istimewa

NABIRE, wartaplus.com - Tim Srena Mabes Polri lakukan Studi Kelayakan Pembentukan Polres Dogiyai di Polres Nabire, bertempat di Aula RBP Polres Nabire, Selasa (10/3) siang.

Adapun Tim Srena Mabes Polri diantaranya Brigjen Pol Drs. Yasdan Rivai, Kombes Pol Dra. A.A Sagung Dian Kartini dan Penata I Ahmad Bustomi serta Tim Puslitbang Mabes Polri Kombes Pol Drs. M.Asrul Aziz, AKBP Wadi, Pembina DR. Herlina JR Saragih, Penata I Abdul Syakur dan rombongan dari Tim Rorena Polda Papua, Kombes Pol Sugeng Haryanto dan Kabag Strajemen Polda Papua, Kompol Nyoman. 

Turut hadir dalam acara tersebut Danyon C Pelopor Polda Papua AKBP Arnolis Korowa, SH, MH, Waka Polres Nabire Kompol Steyven J. Manopo, SIK, LO Polda Papua Kabupaten Dogiyai Kompol Bambang Suranggono, S.Sos, PJU Polres Nabire dan personel Polres Nabire.

Kapolres Nabire, AKBP Sonny M. Nugroho T mengaku gembira dengan adanya agenda pemantapan studi kelayakan Polres Dogiyai. Yang mana menurutnya, jarak tempuh Polres Dogiyai sangat jauh sehingga menghambat pihaknya untuk dapat berkunjung tiap saat. Kabupaten Dogiyai terdapat 4 distrik yang menggunakan jalur udara, diantaranya Distrik Mapia Tengah, Mapia Barat, Sukikai Selatan dan Piyaiye."Kami sangat berbahagia karena momen ini sangat lama kami nantikan," ucap Kapolres Nabire.

Waka Polres Nabire, Kompol Steyven menyampaikan wilayah hukum Dogiyai merupakan wilayah hukum Polres Nabire dengan kepemerintahan yang berbeda yaitu pemerintahan daerah Dogiyai.

"Polres Nabire mempunyai 7 Polsek dan 8 Polsubsektor sedangkan Kabupaten Dogiyai mempunyai 2 Polsek yaitu Polsek Kamu dan Polsek Mapia," kata Waka Polres.

Terkait pembentukan Polres Dogiyai telah mendapatkan dukungan dari Pemda setempat dalam hal ini Bupati Dogiyai serta masyarakat Kabupaten Dogiyai yang dituangkan dalam pernyataan sikap mendukung rencana pembentukan polres Dogiyai.

Sementara itu, Ketua Tim Brigjen Pol Yasdan mengatakan kedatangan pihaknya untuk studi uji kelayakan pembentukan Polres Dogiyai yang telah lama di usulkan oleh Kapolda Papua, sehingga atas izin Pimpinan baru sempat datang ke wilayah hukum Polres Nabire untuk mengkaji uji kelayakan pembentukan Polres Dogiyai.

"Kami punya barometer sesuai Perpol nomor 4 dalam rencana pembentukan Polres maupun Polsek di seluruh Indonesia yang sekarang ini di bawah 34 Polda dengan berbagai tipe," ujarnya.

Ia menjelaskan, sesuai data yang diterima yaitu Polda papua memiliki 29 Polres dan 46 Polsubsektor yang belum terhitung Polres Dogiyai yang rencana akan di bentuk.

"Wilkum Polres nabire meliputi 2 kewilayahan pemerintah yaitu Pemda Nabire dan Pemda Dogiyai. Pedoman klasifikasi kewilayahan untuk membentuk suatu Polres yaitu dari Polres, Polsek dan Polsub yang di bagi juga dalam beberapa tipe dengan nilai kesatuan dan beberapa Kriteria yaitu salah satunya pemekaran wilayah yang telah di atur undang-undang dengan syarat sudah 11 tahun diusulkan dan ada pernyataan tertulis dari Pemda," terang Brigjen Pol Yasdan. 

Direncanakan Rabu (11/3) besok, Tim Srena Mabes Polri beserta rombongan akan melakukan kunjungan ke Kabupaten Dogiyai dan melihat langsung Polsek Kamu, Mapia dan kantor sementara Polres Dogiyai serta tanah Polres Dogiyai.*