Telkomsel Luncurkan Aplikasi SIMAS 2.0 Bekerjasama dengan SMA Kristen Kalam Kudus Jayapura

Peluncuran Aplikasi SIMAS 2.0 Telkomsel di SMA Kristen Kalam Kudus Jayapura/Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com-Telkomsel meluncurkan aplikasi SIMAS 2.0  bertempat di Aula Yusuf Citra SMA Kristen Kalam Kudus Jayapura, Rabu (11/3).  SIMAS merupakan singkatan dari Sistem Informasi Manajemen Administrasi Sekolah. Aplikasi SIMAS 2.0 ini merupakan pembaruan dari aplikasi SIMAS sebelumnya yang pertama kali diluncurkan di tahun 2017 lalu bertempat di SMAN 4 Jayapura.

Aplikasi SIMAS merupakan bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) dari Telkomsel yang ditujukan di dunia pendidikan. Aplikasi SIMAS ini adalah bukti nyata penerapan ekosistem digital oleh Telkomsel yang terus mengembangkan aplikasi berbasis digital yang mengikuti perkembangan zaman. 

Aplikasi SIMAS ada 2 jenis yaitu SIMAS 2.0 yang peruntukkannya untuk siswa dan SIMAS Ortu yang peruntukannya untuk orang tua atau wali siswa. Dengan aplikasi SIMAS 2.0, siswa dapat melakukan absensi dengan menggunakan handphone. Absensi hanya dapat dilakukan apabila siswa sudah berada di lokasi sekolah. Orang tua juga dapat memantau dan menerima notifikasi apakah anaknya sudah tiba di sekolah atau belum. 

Fitur lainnya yaitu berupa izin online yang hanya dapat diakases orang tua siswa. Sehingga orang tua tidak perlu repot lagi mengirim surat izin. Pengumuman dari sekolah pun juga dapat langsung di broadcast melalui aplikasi ini. Disamping itu, jadwal mata pelajaran, diskusi online, dan ujian online juga menjadi fitur tambahan di aplikasi SIMAS 2.0 ini.

Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan, dan Arsip Daerah Provinsi Papua Christian Sohilait menyampaikan apresiasinya kepada Telkomsel. 

"Dengan aplikasi SIMAS ini, orang tua dapat memantau kegiatan sekolah anaknya melalui fitur-fitur yang ada. Peluncuran aplikasi ini juga merupakan semangat dari Kementerian Kependidikan mewujudkan Indonesia 4.0," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Kristen Kalam Kudus Jayapura Drs. Jerry Langi mengatakan, SMA Kristen Kalam Kudus Jayapura merasa senang mendapat kerjasama dengan Telkomsel. 

"Penerapan teknologi digital di sekolah membantu kami sebagai pihak sekolah lebih mudah berkomunikasi dengan siswa dan juga orang tua siswa," ungkapnya.

"SIMAS 2.0 ini merupakan pengembangan dari aplikasi SIMAS sebelumnya. Fitur yang ada saat ini dapat membantu orang tua memonitoring proses belajar mengajar dan diskusi dengan guru lebih mudah. Harapannya aplikasi ini dapat diterapkan di sekolah-sekolah lainnya, khususnya di Regional Papua dan Maluku," tambah  Manager Mass Market Segment Sales Operations Maluku & Papua, Zaiful Efendi.

Kata dia, saat ini SMAN 4 Jayapura dan SMA Kristen Kalam Kudus Jayapura merupakan sekolah yang sudah menggunakan aplikasi SIMAS 2.0. Aplikasi SIMAS ini dapat diunduh melalui Play Store untuk Handphone Android dengan nama SIMAS 2.0 untuk siswa dan SIMAS ORTU untuk orang tua.*