Golkar Kini Mengusung Prinsip Tanpa Mahar

Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Papua, Klemen Tinal dan Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Rizal Mallarangeng (tengah) saat memberikan keterangan pers / Djarwo

JAYAPURA, wartaplus.com - Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Papua, Klemen Tinal menegaskan kepada seluruh kader partai berlambang pohon beringin di seluruh Papua agar memegang teguh mandat baru partai yang mengusung prinsip tanpa mahar berdasarkan kesepakatan di Munas Jakarta, 2019 lalu.

Hal ini ditegaskan Klemen dalam Musyawarah Daerah (Musda) X Golkar Provinsi Papua, di Hotel Mercure Jayapura, Senin (9/3).

"Kita partai Golkar saat ini juga sedang mempersiapkan pilkada di 11 kabupaten. Kita partai Golkar tanpa mahar, tidak ada cara-cara lama dan kita tidak ada pakai uang. Ini instruksi langsung dari pusat mulai dari sekarang," tegas Klemen.

Kata Klemen, Golkar saat ini memegang prinsip mendukung sepenuhnya calon yang akan maju sebagai pemimpin daerah tanpa mahar.

"Jangan bikin susah orang yang mau maju jadi pemimpin dan meminta uangnya. Berikan dukungan sepenuhnya supaya jika Tuhan mengkehendaki mereka pasti akan ingat Golkar," ujarnya.

Ia juga memperingatkan kepada para calon yang direkomendasikan untuk tak perlu bersusah payah melobi ke DPP dengan cara menghamburkan uang.

"Calon-calon yang direkomendasikan tidak perlu coba-coba ke DPP dan habiskan uang di sana. Ini harus disampaikan karena banyak orang yang tengah bergairah untuk menjadi pemimpin," tekannya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Rizal Mallarangeng juga menegaskan hal yang sama. Demi tidak mempersulit para calon dan mengembalikan nama besar Golkar di seluruh Indonesia, prinsip tanpa mahar didengungkan sejak Munas partai di Jakarta. 

"Pilkada sudah dekat tahun ini, politik tanpa mahar, kebijakan kita sebagai pimpinan untuk tidak mempersulit. Kita ingin merebut kemenangan menjadi partai nomor satu. Seluruh kader harus bekerja keras dan menjaga partai kita dan pegang teguh prinsip, agar masyarakat dari sabang sampai merauke bisa berkembang di segala aspek," ujarnya.

Ia juga berharap, lewat Musda X Golkar Provinsi Papua, seluruh kader diharapkan mampu merebut kembali kejayaan Golkar sebagai salah partai politik tertua di Indonesia.

"Kami menyampaikan terima kasih kepada ketua DPD dan seluruh rekan komite yang telah bekerja atas penyelenggaran musda ini. Lewat kesempatan ini semoga bisa menjadi momentum baru untuk merebut kembali kejayaan Golkar di Papua," pungkasnya.**