Tes Kesamaptaan Bintara Noken Polri, Wartawan Jadi Pengawas External

Para calon siswa Bintara Polri saat mengikuti tes kesamaptaan jasmani dilapangan SPN Polda Papua/dok.PolrestaJayapura

JAYAPURA, wartaplus.com – Sebanyak 160 calon siswa (Casis) bintara Noken Polri tahun 2020 mengikuti tes Kesamaptaan Jasmani yang digelar di lapangan Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Papua, Sabtu (7/3) pagi.

Tes Kesamaptaan Jasmani Pra Bintara Noken Polri T.A. 2020 Pabanrim Polresta Jayapura Kota itu dilaksanakan secara terbuka dan transparan yang di awasi langsung oleh pengawas External dari salah seorang jurnalis Media Online wartaplus.com.

Wakapolresta Jayapura Kota Komisaris Polisi Kompol Heru Hidayanto menjelaskan, pelaksanaan Tes Kesamaptaan Jasmani Pra Bintara Noken Polri T.A. 2020 Pabanrim Polresta Jayapura Kota dilaksanakan secara transparansi dan diawasi oleh pengawas External, sehingga rangkaian tes nantinya akan menghasilkan yang terbaik.

“Pelaksanaan ini berjalan secara professional dan diawasi langsung oleh pengawas dari luar agar hasilnya transparan,” ungkap Wakapolresta.

Ia pun menjelaskan dalam tahap tes kesamaptaan jasmani para casis dibagi menjadi tiga kelompok, dimana para casis berasal dari Kota Jayapura, Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Lanny Jaya, Kabupaten Nabire dan Kabupaten Mimika.

“Total casis seseluruhan 345 orang, sementara, hari ini diikuti 160 dari kelompok pertama, sisanya terbagi pada kelompok dua dan tiga yang dijadwalkan pada Senin dan Selasa mendatang,” ucapnya.

Mantan Wakapolres Sarmi menerangkan dalam tes kesamaptaan jasmani, para casis diasah kemampuannya melalui dua tim uji coba yakni lari 12 menit,  pull up, sit up, push up dan shuttle run.

“Semua sudah dilalui dan kemampuan para casis melalui tes ini akan diumumkan pada Selasa mendatang di Mapolresta Jayapura Kota,” kata Wakapolresta.**