TPNPB Bantah Teror Warga Sipil di Tembagapura

Kelompok TPNPB/google

JAYAPURA, wartaplus.com-Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) membantah melakukan teror dan intimidasi terhadap warga di beberapa kampung di Tembagapura, Kabupaten Mimika.

Menurut Juru Bicara, TPNPB-OPM, Sebby Sembom, tidak setuju dengan TPNPB, tetapi takut dengan kekerasan yang dilakukan oleh aparat TNI-Polri.

"Warga yang mengungsi ke Timika bukan takut pada pasukan kami (TPNPB) tetapi mereka takut pada misi keamanan Indonesia. TNI-Polri telah melakukan hubungan masyarakat untuk melegitimasi rakyat papua agar kami terkait dengan kebijakan, padahal itu tidak benar," kata Sebby Sembom dalam diterima yang diterima wartaplus.com, Sabtu (7/3) sakit.

Sebby menyebut, masyarakat yang ada di Tembagapura mewakili keluarga dari TPNPB, sehingga tidak mungkin mereka melakukan teror kepada mereka.

"Warga yang disitu adalah keluarga kami, jadi tidak mungkin memimpin TPNPB-OPM yang melakukan teror terhadap mereka. Ini adalah permainan militer Indonesia," sebutnya.

Selanjutnya Sebby, cara yang digunakan oleh TNI-Polri adalah cara yang sama seperti kejadian tahun 2017 di Bantu.

"Cara ini digunakan pada tahun 2017 lalu. Mereka menghasut warga untuk mengubah ke Timika, lalu mereka melakukan operasi militer untuk mengejar pasukan kita. Ini adalah cara kuno yang dilakukan oleh aparat Indonesia," kata Sebby.

Ia mundur, TPNPB-OPM tidak akan mundur, pihaknya akan tetap melakukan penyerangan hingga mendapatkan kebebasan bagi bangsa Papua.

"Perjuangan kami untuk kemerdekaan Bangsa Papua, dan seluruh masyarakat mendukung kami, tidak mungkin kami membenci kami. Kami punya satu tekad yang sama yang dibangun sebagai bangsa merdeka dan bebas dari penjajahan Indonesia," tegasnya.

Sebelumnya, sekitar 790 warga dari tiga kampung yang ada di sekitar Tembagapura dikabarkan mengungsi karena diterima oleh Kelompok Kriminal Bersenjata.

Sementara untuk menunggu para pengungsi tersebut, Pangdam XVII / Cenderawasih, Mayjen TNI Herman Asaribab dan Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw bertolak dari Timika menuju Tembagapura pada Sabtu pagi. **