Kawasan Stadion Papua Bangkit Mulai Ditata Untuk PON XX

Kepala PSPPOP Ditjen Cipta Karya Kemen PUPR, Iwan Suprijanto/Istimewa

JAYAPURAwartaplus.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI mulai melakukan penataan kawasan Stadion Papua Bangkit di Kampung Harapan dan kawasan venue di Doyo Baru, Kabupaten Jayapura menjelang perhelatan PON XX yang akan digelar Oktober mendatang.

Kepala Pusat Pengembangan Sarana Prasarana Pendidikan, Olahraga dan Pasar (PSPPOP), Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya, Iwan Suprijanto menuturkan, target penyelesaian penataan kawasan dan pembangunan infrastruktur pendukung PON bisa rampung sebelum pelaksaaan event olahraga nasional empat tahunan tersebut.

"Saya optimistis akan selesai sesuai target semuanya,  termasuk ada tambahan tugas baru dalam Inpres No 1 Tahun 2020 untuk pembangunan venue sepatu roda, dayung dan panahan,” ujar Iwan Suprijanto kepada wartawan di Jayapura, Selasa (3/3).

Iwan juga meminta kepada kontraktor agar bekerja cepat namun tetap memperhatikan kualitas, mengingat waktu pekerjaan yang cukup singkat, ditambah sebentar lagi akan memasuki bulan Ramadhan.

"Tapi jangan lupa pekerjaan dilakukan dengan rapih dan terorganisir, terutama dalam aspek keselamatan kerja,” katanya mengingatkan

Relokasi Warga

Sementara terkait persoalan belum direlokasinya masyarakat dari masyarakat dari kawasan Stadion Papua Bangkit ?  Iwan menegaskan, hal tersebut  menjadi tanggungjawab Pemerintah Provinsi Papua.

“Pekerjaan sudah dimulai bulan ini, target kita bisa rampung 100 persen bersama-sama dengan venue lainnya, sehingga bisa dilakukan test event oleh atlet-atlet Papua,” harapnya.

Sementara itu, Project Manager Venue PON XX Kementerian PUPR, Anggoro Putro menjelaskan pengerjaan penataan kawasan menggunakan biaya APBN Kementerian PUPR Rp 208 miliar. 

Biaya tersebut dibagi untuk pekerjaan, yakni penataan kawasan olahraga di Kampung Harapan sebesar Rp134 miliar dan penataan kawasan olahraga di Doyo Baru Rp 74 miliar.

Anggoro menegaskan pekerjaan penataan kawasan sudah dalam tahap pengerjaan. “Penyelesaian pembangunan venue dan penataan kawasan ditargetkan rampung tepat waktu agar mendukung pelaksanaan PON XX di Papua yang berlangsung pada 20 Oktober – 2 November tahun 2020," pungkasnya.**