Kodam Cenderawasih Gelar Latihan Operasi Pengamanan VVIP PON XX Papua

Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Irham Waroihan membuka latihan Operasi Pengamanan VVIP dalam rangka pengamanan PON Papua/dok.Pendam17

JAYAPURAwartaplus.com - Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Irham Waroihan yang mewakili Pangdam membuka latihan Operasi Pengamanan VVIP di wilayah Papua dalam rangka mendukung Tugas Pokok TNI serta untuk mensukseskan pengamanan PON XX di Papua. Kegiatan latihan ini berlangsung di Aula Tony A Rompis Makodam XVII/Cenderawasih, Senin (2/3). 

Kegiatan latihan tersebut dihadiri langsung oleh Dankodiklat TNI Mayjen TNI Kasim Genawai bersama rombongan selaku Tim Pengawas Pusat. Pelatihan ini akan berlangsung selama 5 hari yaitu dari tanggal 2 hingga 6 Maret 2020.

Dalam sambutannya Kasdam XVII/Cenderawasih mengatakan, tujuan dilakukan latihan ini untuk mencegah dan menanggulangi setiap ancaman terhadap obyek dan personal pengamanan para pejabat penting atau Very Very Important Person (VVIP).

“Saya selaku Komandan Latihan menekankan kepada seluruh personil yang melakukan latihan harus secara serius dan bersungguh-sungguh sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing. Selalu memperhatikan semua petunjuk atau instruksi yang diberikan oleh para pelatih, tegas Kasdam.

Dirinya juga meminta agar selalu memperhatikan faktor keamanan personil maupun materil yang menjadi tanggung jawab masing-masing satuan tugas.

“Kami berharap selama berlangsungnya seluruh rangkaian kegiatan latihan ini, tidak menemui kendala serta dapat berjalan dengan aman dan lancar,”harapnya.

Kasdam menambahkan, melalui latihan ini juga untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan personil pengamanan VVIP.

“Apalagi di tahun 2020 ini akan digelar kegiatan yang berskala Nasional yaitu penyelenggaraan PON XX di Papua, yang tidak menutup kemungkinan akan ada banyak pejabat dari pemerintahan hadir dan menyaksikan secara langsung setiap pertandingan PON XX di Papua ini, sehingga akan memerlukan pengamanan yang bersifat ekstra,” paparnya.

Sementara itu, untuk materi latihan kali ini Kasdam menjelaskan bahwa akan ada beberapa materi yang diberikan antara lain Pengetahuan HAM, Pengetahuan Operasi Pengamanan VVIP dan mekanismenya, dan taktik meloloskan diri serta teknik evakuasi di Darat, Laut maupun Udara.

Selain itu, juga ada Pengamanan Rute, Pengawalan Protokoler Kenegaraan, Teknik pengawalan bermotor atas ancaman dan gangguan, teknis mengatasi Bom bunuh diri dan masih banyak materi lainnya yang diberikan dalam latihan ini.(Adv)