Kapolda Papua: Senantiasa Pedomani Nilai-Nilai Luhur Tribrata Dan Catur Prasetya

Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw memimpin pelantikan dan pengambilan sumpah Bintara Polri Angkatan 44 T.A. 2019/2020,  Senin (2/3) pagi di Lapangan SPN Polda Papua/Humas Polda Papua

JAYAPURA,wartaplus.com-Upacara penutupan, pelantikan dan pengambilan sumpah Bintara Polri Angkatan 44 T.A. 2019/2020,  Senin (2/3) pagi di Lapangan SPN Polda Papua dipimpin Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw. Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Drs. Tornagogo Sihombing, Danlantamal X Jayapura, Para PJU Polda Papua, Para Kapolres, pengurus Bhayangkari, serta orang tua serta keluarga Bintara Polri yang dilantik.

Dari 463 orang siswa tersebut dilantik sebanyak 462 orang siswa, satu orang siswa dikeluarkan dari lembaga pendidikan SPN Polda Papua  karena melakukan pelanggaran Disiplin. Satu orang siswa tersebut asal pengiriman Polda Papua, dan kini telah dikembalikan kepada orang tua/wali selaku penangung jawab.

Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw  saat membacakan sambutan Kapolri  mengatakan upacara penutupan Pendidikan Pembentukan Bintara Polri T.A. 2019/2020, dengan suasana khidmat dan tertib.

“Pada kesempatan yang penuh dengan kehormatan, kebanggaan, dan kebahagiaan ini, saya selaku Pimpinan Polri mengucapkan selamat kepada 8.867 Bintara remaja, terdiri atas 8.468 polisi Iaki-Iaki dan 399 polisi wanita. yang telah berhasil menyelesaikan Pendidikan Pembentukan Bintara Polri dan berhak menyandang pangkat Brigadir Dua Polisi,”ujar Kapolda yang membacakan amanat Kapolri.

Keberhasilan saudara dalam mengikuti dan menyelesaikan pendidikan, merupakan anugerah Allah SWT yang harus senantiasa saudara syukuri. Ingat pula bahwa keberhasilan saudara menyelesaikan pendidikan ini, tidak terlepas dari doa dan dukungan keluarga, terutama orang tua. Tunjukan kepada mereka bahwa Saudara adalah personel Polri yang berprestasi, senantiasa menjaga kehormatan diri dan institusi, serta menjadi teladan dan kebanggaan bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

“Apa yang telah saudara capai pada hari ini bukanlah akhir dari perjuangan, melainkan awal pengabdian nyata sebagai insan Bhayangkara. Perjalanan saudara masih panjang, sangat banyak tantangan tugas yang akan dihadapi. Oleh karena itu, sebagai Bintara remaja yang merupakan salah satu elemen terdepan dalam berbagai tugas kepolisian, harus mampu menunjukan kinerja secara optimal. Persiapkan diri dengan baik, tanamkan disiplin dan tekad yang kuat, serta implementasikan pengetahuan dan keterampilan yang telah Saudara peroleh di lembaga pendidikan demi keberhasilan pelaksanaan tugas,”ujarnya.

Sebagai bekal saudara dalam melaksanakan tugas pengabdian, saya akan menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan yaitu sebagai berikut, yang pertama niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai Ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Kedua laksanakan setiap tugas yang diemban dengan penuh semangat, tanggung jawab dan keikhlasan, serta senantiasa mempedomanl nilai-nilai luhur Tribrata dan Catur Prasetya. Ketiga jangan pernah berhenti belajar dan menuntut ilmu untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan, dan keterampilan guna mendukung pelaksanaan tugas. Keempat senantiasa menjaga kehormatan diri, keluarga, dan institusi. Hindari segala pelanggaran disiplin, Kode Etik Profesl Polri, maupun pidana.

“Dan yang terakhir Jalin persaudaraan dan komunikasi yang baik dengan rekan-rekan TNI dan instansi terkait, serta seluruh komponen lainnya karena Polri tidak dapat bekerja sendiri. Selamat bertugas dan berikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat,”pesan Kapolri

Untuk diketahui, dari 462 orang Bintara Remaja yang dilantik, 275 orang Bintara Remaja akan ditempatkan khusus dan sisanya akan dikembalikan ke Polda Papua barat. ke 275 orang Bintara Remaja tersebut terdiri dari Polda Papua  228 anggota, Biddokes Polda Papua  2 anggota, Sie Ident krimum Polda Papua  1 anggota, Densus 88 AT  2 anggota, Kor Brimob Polri   21 anggota, Dit Samapta Kor Sabhara Mabes  6 anggota, Ditpolair Korpolair Mabes  1 anggota, Ro bin Opsnal Bareskrim Mabes  2 anggota, Polda Papua (SPN)  2 anggota, Polda Papua (Polres biak numfor untuk  perbatasan)  3 anggota, Polda Papua (Polres boven digoel utk perbatasan)  1 anggota, Polda Papua (Polresta Jayapura Kota untuk  Perbatasan) 2 anggota, Polda Papua (Polres Merauke untuk perbatasan) 3 anggota, Polda Papua (Polres Supiori untuk perbatasan) 1 anggota.*