Kapolda Papua : Kami Akan Tindak Pelaku Kejahatan di Timika

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw/Humas Polda Papua

JAYAPURA,wartaplus.com-Kapolda Papua bersama Kepala Kantor Komnas Ham Perwakilan Papua Frits Ramabdey dan Kapolres Mimika melakukan pertemuan terkait penembakan anggota Brimob di Tembagapura Mimika dan menyatakan akan melakukan penegakan hukum terhadap para pelaku Kejahatan di Timika.

Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Paulus Waterpau menegaskan, prihatin atas gugurnya anggota kami dalam penegakan hukum terhadap KKB yang terjadi pada hari Jumat tanggal 28 Februari 2020 di sekitar Tembagapura. Atas nama pimpinan Polri dan Polda Papua beserta jajaran menyampaikan turut berduka.

Diungkapkan beberapa kelompok KKB yang bergabung di Tembagapura dan saat ini kita sedang konsen hadir beberapa kali di Timika untuk mensiasati dalam melakukan penegakan hukum terhadap mereka. “Memang kita mengalami kesulitan dalam melumpuhkan pergerakan kelompok ini karena beberapa faktor alam, geografis, penguasaan medan dan lingkungan,”ujarnya.

“Saya menduga mereka ingin menguasai area pertambangan PT. Freeport, dimana mereka sudah melakukan beberapa gangguan seperti di Puncak, Wamena, Intan Jaya hingga mengarah ke PT. Freeport dan Timika. Kami berkomitmen terus menyusun bagaimana cara bertindak untuk mengatasi kelompok ini,”ujarnya.*