Kabid Humas Polda Papua: Peran Humas dalam Tugas Pokok Kepolisian Sangatlah Penting

Kegiatan Asistensi Bidang Humas Polda Papua dalam rangka Peningkatan Kehumasan Polri di Polres Keerom/Humas Polda Papua

KEEROM,wartapus.com-Kegiatan Asistensi Bidang Humas Polda Papua dalam rangka Peningkatan Kehumasan Polri di Polres Keerom dilaksanakan, Rabu (25/2) di Aula Mapolres Keerom, telah dilaksanakan. Kegiatan dipimpin langsung oleh Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH. dampingi Kapolres Keerom AKBP Bakthiar Joko Mujiono, S.IK. MM.

Hadir dalam kegiatan yakni Kabag Ops Polres Keerom Kompol Penghibur Harahap, S.Sos. MH, Para PJU Polres Keerom, Kapolsek dan Personil Gabungan Polres dan Polsek Keerom, Kaur Multimedia Bid Humas Polda Papua Ipda Bachtiar Syarief, S.Ikom.

Kapolres Keerom dalam sambutannya menyampaikan Bidang Humas sangatlah penting bagi tugas pokok kepolisian, kita sudah kerja maksimal namun tidak ada humas tidak akan terlihat. “Semoga dengan diadakannya asistensi kehumasan oleh Polda Papua ini dapat meningkatkan kinerja Anggota Polres Keerom untuk melindungi, mengayom dan melayani masyarakat,”ujarnya.

Kabid Humas Polda Papua dalam kesempatannya menyampaikan peran humas dalam tugas pokok kepolisian sangatlah penting karena untuk mengangkat kinerja tugas kepolisian di media sosial yang bertujuan untuk seluruh masyarakat bisa mengetahui kinerja Kepolisian. “Humas berada diantara fungsi Intelkam dan Fungsi Binmas untuk menjaga stabilitas keamanan di wilayah masing - masing dengan tugas pokok masing-masing fungsi,”ujarnya.

Diungkapkan, spabila anggota sudah atau sedang dalam melaksanakan tugas  segera melaporkan ke Humas, agar humas naikkan berita yang masih hangat-hangat untuk dikonsumsi masyarakat di media sosial.

Dikatakan, misi Humas Polri yaitu membangun sistem pelayanan informasi publik terkait Kepolisian Republik Indonesia dan mewujudkan manajemen media yang modern, akuntabel, dan terpercaya. “Membangun citra positif kepolisian di tengah masyarakat dalam menjaga harkamtibmas, menerapkan manejemen media yang terintegrasi dan terpercaya merupakan tujuan Humas Polri. Untuk itu, optimalkan peran Humas Polres dengan melibatkan PPID satker  dan viralisasi berita, meme dan video di media online dan media lainnya,”ujarnya.  Lanjut dia, strategi Humas Polri dalam pengamanan pilkada serentak dan PON XX 2020 antara lain  membangun kemitraan, analysis media management  dan manajemen isu.*