TNI Perkenalkan Ilmu Dasar Komputer Siswa SMP di Perbatasan PNG

Satgas Pamtas Yonif MR 411/PDW memperkenalkan ilmu dasar komputer kepada siswa SMPN Muting, Merauke, Senin (24/2)/dok.Pendam17

MERAUKEwartaplus.com - Dalam rangka membangun generasi muda perbatasan yang unggul dan modern, Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-PNG Yonif MR 411/PDW menggelar kegiatan pengenalan ilmu dasar Komputer kepada pelajar di SMP Negeri 5 Muting, Distrik Ulilin, Kabupaten Merauke,Senin (24/02)

Dalam kegiatan tersebut Dansatgas Mayor Inf Rizky Aditya S.Sos., M.Han mengungkapkan, pemanfaatan Teknologi Informasi (IT) yang saat ini sudah berkembang pesat diharapkan mampu meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, khususnya dikalangan generasi muda.

"Namun jika sarana dan prasarana yang masih minim atau terbatas akan menjadi penghambat bagi siswa yang ada di perbatasan RI- PNG,"ucapnya seperti dikutip dari rilis Pendam Cenderawasih

Diketahui SMPN 5 Muting yang memiliki siswa sekitar kurang lebih 200 orang dan berada di wilayah Pos Kotis Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 411/PDW, belum memiliki  materi pelajaran Ilmu Komputer

“Atas hal tersebut kita berinovasi, dengan memanfaatkan IT sebagai salah satu pengetahuan yang harus dimiliki oleh seorang pelajar, melalui pengenalan dan memberian ilmu dasar tentang Komputer,” ungkap Dansatgas.

Menyikapi betapa pentingnya dasar komputer untuk para siswa SMP Negeri 5 Muting, Dansatgas berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk membantu sekolah dalam memperkenalkan pelajaran komputer kepada siswa-siswi di SMP Negeri 5 Muting.

Setelah adanya ijin dari pihak sekolah, Dansatgas memerintahkan Sertu Suharsono, Praka Susanto, Pratu Bahria Sidiq dan Pratu Wahyu Suci untuk mengenalkan dan mengajarkan secara langsung ilmu komputer dasar seperti Ms. Word, Ms. Excel, serta aplikasi lainnya.

Dansatgas menambahkan bahwa pelajaran ilmu komputer ini baru pertama kali di ajarkan kepada siswa-siswi di SMP Negeri 5 Muting "Walaupun siswa-siswi ini tinggal di perbatasan, tetapi pengetahuan mereka harus bisa bersaing dengan anak-anak di kota, terutama dalam menguasai teknologi, jadi kita dari Satgas Pamtas akan semaksimal mungkin membantu mengajarkan pengetahuan komputer kepada siswa-siswi di SMP Negeri 5 Muting,"ungkap Dansatgas.

Dia berharap melalui pengenalan sekaligus pembelajaran ini, membuat pelajar memiliki pengalaman baru dan pengetahuan tentang Komputer, semoga bermanfaat dalam mengantarkan para pelajar generasi muda Papua yang unggul dan modern.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Negeri 5 Muting,  Muhammad Huzain, mengapresiasi kegiatan pengenalan ilmu dasar Komputer yang dilakukan oleh Satgas TNI yang berada di perbatasan.

“Kami sangat berterimakasih kepada bapak TNI yang berada di perbatasan. dengan adanya kegiatan ini, harapan kami dari pihak sekolah, ilmu tentang komputer yang diberikan dapat bermanfaat bagi siswa-siswi kedepannya, meskipun belum ada materi pelajarannya disekolah, setidaknya mereka mendapat pengalaman baru dari kemajuan teknologi saat ini,” ucapnya.(Adv)