Demi Melayani Masyarakat, Prajurit TNI di Papua Rela Jalan Kaki Sejauh 15 Km

Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 509 Kostrad Pos Okbibab berikan pelayanan kesehatan masyarakat kampung Oksemar,Pegunungan Bintang/dok.Pendam17

PEGUBIN, wartaplus.com - Satuan  Penugasan Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG tidak hanya melaksanakan patroli keamanan, tetapi juga melaksanakan patroli kesehatan keliling untuk menjaga serta mengobati masyarakat yang mengalami sakit.

Ini semua merupakan bentuk dari kepedulian TNI terhadap kesehatan masyarakat yang tinggal di wilayah perbatasan negara.

Seperti yang dilakukan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 509 Kostrad Pos Okbibab, Kabupaten Pegunungan Bintang yang rela  berjalan kaki sejauh kurang lebih 15 kilometer, melewati gunung dan sungai demi melayani kesehatan  masyarakat di Kampung Oksemar, Distrik Okbibab, Kabupaten Pegunungan Bintang, Jumat (21/02).

Dalam Kegiatan tersebut dipimpin langsung Danpos Okbibab Letda inf Wisnu Adityara bersama anggotanya dan dua orang petugas kesehatan.

Diungkapkan oleh Danpos Wisnu, kampung yang mereka datangi tidak ada fasilitas kesehatan dan jika masyarakat ingin berobat harus berjalan menuju kampung Abmisibil yang jaraknya sekira kurang lebih 1,5 km dan melewati sungai.

"Patroli pelayanan kesehatan ini merupakan bentuk kepedulian TNI terhadap masyarakat Kampung Oksemar yang masih minim terhadap pelayanan kesehatan, apalagi kebiasaan masyarakat yang masih tidak mau dirawat inap jika mengalami sakit, karena jarak yang cukup jauh serta tidak adanya akses  transportasi darat,"kata Danpos, seperti dikutip dari rilis Pendam Cenderawasih

Dia menambahkan, kegiatan patroli kesehatan keliling ini dimulai dengan anjangsana mendatangi rumah-rumah masyarakat yang ingin berobat dan mengalami sakit.

Saat pelayanan kesehatan tersebut, aku Danpos, dirinya sangat senang melihat masyarakat yang sangat antusias untuk memeriksakan kesehatannya kepada tim kesehatan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 509/Kostrad.

"Saya bersama anggota yang lain merasa sangat senang ketika melihat masyarakat sangat antusias ketika tim kesehatan kami datang ke kampung mereka," ucapnya

Patroli kesehatan ini di apresiasi oleh masyarakat kampung.

"Saya selaku Kepala kampung sangat berterima kasih atas kepedulian bapak TNI yang sudah rela jauh-jauh datang untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di kampung ini," ucap Kepala Kampung Oksemar, Rikardus Uropmabin.(Adv)