Ini Harapan Komisi X DPR RI untuk Papua Tuan Rumah PON

Tim Komisi X DPR RI berfoto bersama Sekda dan Forkopimda serta pengurus PB PON/Andi Riri

JAYAPURA, wartaplus.com - Komisi X DPR RI menggelar pertemuan dengan Pemerintah Provinsi Papua dan PB PON untuk membahas kesiapan Provinsi Papua sebagai tuan rumah PON XX yang akan dimulai pada Oktober mendatang.

Dalam pertemuan yang berlangsung di salah satu hotel di Kotaraja, Jayapura, Jumat (21/2), ada beberapa hal yang diharapkan oleh Komisi X kepada PB PON dan Pemerintah Provinsi Papua.

Ketua Harian PB PON, Yunus Wonda mengatakan, berdasarkan hasil pertemuan tersebut, Komisi X DPR RI meminta agar pelaksanaan PON XX yang akan digelar di Papua nantinya bisa melibatkan masyarakat dan berdampak positif bagi perekonomian masyarakat.

"Kunjungan DPR RI Komisi X ini dalam rangka melihat persiapan kita sebagai tuan rumah PON XX, buat meyakinkan kepada kita semua bahwa keseriusan pemerintah pusat dan DPR RI, bahkan mereka telah membuat Panja (panitia kerja) dan mereka akan terus mengikuti perkembangan PON di Papua," ujar Yunus kepada wartawan, Jumat (21/2).

"Ini yang menjadi tugas kita bersama pemerintah provinsi, kabupaten dan kota untuk sama-sama terus bergerak maju," tambahnya.

Kata Yunus, seperti yang sudah disampaikan dan diharapkan oleh komisi X agar PON XX berdampak kepada ekonomi masyarakat, sehingga PON bukan hanya sekadar event yang menghabiskan ratusan miliar saja tapi juga bisa memberikan efek pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Bagaimana kita bisa menyiapkan lahan untuk mereka berdagang dan sebagainya. Ini yang sedang kita pikirkan dan tidak bisa dikerjakan sendiri oleh kita tapi semua pihak harus berperan," tutupnya.**