Perkasa! Tim Catur PON Papua Rajai Liga Catur Indonesia Timur dan Tengah

Liga Catur Indonesia Timur dan Tengah diikuti tim dari 5 nusa yakni Kalimantan, Nusa Tenggara, Maluku, Sulawesi dan Papua./Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com-Tim catur PON Papua membuktikan keperkasaannya dengan merajai Liga Catur Indonesia Timur dan Tengah yang berlangsung selama empat hari di Kota Manado, 17-20 Februari.

Tak tanggung-tanggung, Tim Catur PON Papua berhasil menggondol medali emas nomor beregu, dengan mencatatkan kemenangan telak sebanyak enam kali dalam enam babak sekaligus.

Tim catur Papua menurunkan kekuatan terbaiknya dengan diperkuat oleh pecatur Yosep Taher yang berstatus master internasional (norma 1 grand master),  Taufik Halay (Master Internasional), Reza Fajar (Master Nasional) dan Agus Sugiatno (Master Nasional). 

Yosep Taher yang bermain di meja 1 hingga enam babak, meraih hasil sempurna dengan meraih 6 kemenangan. Taufik Halay meraih kemenangan 3 kali dan remis 3 kali. Agus Sugianto pada kejuaraan kali ini menunjukkan ketajamannya dengan meraih 4 kali kemenangan dan 2 kali remis. Sedangkan Reza Fajar meraih kemenangan 2 kali, remis 3 kali aerta kalah 1 kali. 

Tim catur Papua sempat mendapatkan perlawanan sengit dari tim Gorontalo, namun akhirnya mereka mampu bermain konsisten di babak selanjutnya dengan mencatatkan kemenangan telak. Dan berhasil meraih poin sempurna yakni 12 match poin dari 6 babak sekaligus mencatatkan juara dan meraih emas. 

Manajer Tim Catur Papua Ariadi SE menyambut baik keberhasilan timnya menjuarai Liga Catur Indonesia Timur dan Tengah. “Hasil ini positif, dan semoga performa pemain maupun tim  akan terus meningkat hingga perhelatan PON,” kata Ariadi, Rabu (19/2).

Dengan performa yang terus meningkat, lanjut Ariadi, saat PON nanti, tim sudah siap memberikan hasil terbaiknya. “Kan, kami pasang emas di PON, jadi persiapan harus baik, dengan menunjukkan grafik permainan yang terus meningkat dan maksimal,” harapnya. 

Pelatih tim Catur Papua Ventje Ropa mengatakan, ajang Liga Catur Indonesia Timur dan Tengah diikuti tim catur Papua, sebagai salah satu ajang pemanasan sebelum terjun di PON XX di Papua. “Ini salah satu rangkaian try out tim catur kami, untuk persiapan menuju PON. Dan diharapkan konsistensi permainan secara tim maupun perorangan semakin meningkat baik,”ujar Ventje.

Try out ini juga merupakan program Puslatprov KONI Papua dalam mempersiapkan cabor untuk menghadapi PON. “Kami siap mengikuti semua program Puslatprov dalam rangka mempersiapkan tim catur menuju PON,”kata Ventje. 

Sementara itu asisten pelatih Tim Catur PON Papua Banjir Ambarita SE, MP, WN, PP menambahkan, setelah berhasil meraih emas di nomor beregu, selanjutnya tim fokus di nomor perorangan di event yang sama. “Kami persiapan lagi untuk nomor perorangan. Semoga Yosep Taher dan pemain lain terus mampu menunjukkan kualitasnya dengan memenangkan semua babak,” ujar Ambarita.