Pimpin Sertijab

Kapolda Papua: Berikan Pelayanan Kepada Masyarakat dan Mampu Menangani Permasalahan Keamanan Dalam Negeri

Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw  di Aula Rastra Samara Polda, pimpin Serah Terima Jabatan (Sertijab) Irwasda, Karo SDM, Dir Reskrimum dan Kabidkum Polda Papua Serta Bhayangkari Kapolda Papua, Jumat (14/2) pagi/Hu,as Polda Papua

JAYAPURA,wartaplus.com-Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw  di Aula Rastra Samara Polda Papua pimpin Serah Terima Jabatan (Sertijab) Irwasda, Karo SDM, Dir Reskrimum dan Kabidkum Polda Papua Serta Bhayangkari Kapolda Papua, Jumat (14/2) pagi

Upacara Sertijabberdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor : ST/385/II/KEP./2020 dan ST/387/II/KEP./2020 tanggal 3 Februari 2020 dihadiri oleh Wakapolda Papua Brigjen Pol Drs. Yakobus Marjuki, para Pejabat Utama, para Pamen dan Pama Polda Papua serta Bhayangkari Daerah Papua.

Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw dalam sambutannya mengatakan kegiatan Sertijab ini merupakan hal biasa, namun sangat penting di tubuh kepolisian. Dengan tujuan Regenerasi kepemimpinan dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada para perwira, untuk mengembangkan karier melalui jenjang penugasan yang beragam dan juga asebagai rangkaian kegiatan Tour Of Duty dan Tour Of Area.

“Disamping itu, juga sebagai upaya penyegaran terhadap suasan managerial dan kepemimpinan yang penuh kreativitas, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kinerja Polri dalam megantisipasi setiap perubahan dan perkembangan yang terjadi dalam masyarakat,’kata Kapolda

Sebagaimana yang kita ketahui bersama,kata Kapolda, sesuai dengan paradigma baru Polri yang berpijak pada visi dan misi bertekad dan berupaya agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat serta mampu mengatasi dan menangani permasalahan keamanan  dalam negeri.

Mengingat tantangan tugas yang dihadapi Polri kedepan akan semakin kompleks dengan berbagai permasalahan baik dibidang politik, ekenomi, sosial budaya yang semuanya apabila tidak diantisipasi dengan baik akan bermuara pada gangguan keamanan dan ketertiban. “Khususnya pada tahun ini papua menjadi tuan rumah penyelenggara Event Olahraga nasional PON 2020 dan pilkada Serentak di 11 Kabupaten,”tandasnya.

Bukan hanya itu saja, tahun ini kita juga masih dihadapkan pada permasalahan tahun 2019 yang belum tuntas  diantarnya para mahasiswa eksodus yang belum mau kembali ke kota studinya masing-masing. Habisnya masa penahanan 17 terdakwa kasus kerusuhan di Kota Jayapura pada tanggal 29 Agustus 2019 dan masih adanya gangguan Kelompok Kriminal Bersenjata serta Kelompok Separatis Politik yang terus melakukan propaganda di berbagai media. “Dan polemik berakhirnya otsus pada tahun 2021 di Provinsi Papua,”ujarnya.

Didalam internal kita juga masih banyak PR yang harus kita kerjakan bersama dalam rangka memberikan pelayanan prima kepada masyarakat sebagai contoh beberapa waktu lalu terdapat pengaduan masyarakat terkait lambannya respon kepolisian terhadap laporan anak hilang, namun bersyukur hal tersebut segera ditindaklanjtui dan saat ini anak tersebut telah ditemukan.

“Selaku pimpinan Polda Papua atas nama kesatuan dan pribadi mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas pengabdian selama menjabat sebagai Irwasda, Karo SDM, Dir Krimum dan Kabid Kum Polda Papua serta telah menunjukan kinerja yang baik dan dedikasi serta loyalitas yang tinggi,”lata Kapolda

Demikian pula halnya kepada para Bhayangkari, saya atas nama pribadi dan kesatuan mengucapkan terima kasih, karena telah turut mendukung suami dalam melaksanakan tugas di Polda Papua serta telah aktif dalam membina dan mengembangkan organisasi bhayangkari.

Jangan Terlena

Pada kesempatan yang baik ini, saya mengajak untuk kita segera bergerak mempersiapkan pengamanan PON XX  dan Pemilukada di 11 Kabupaten. Waktu terus berjalan sehingga jagan terlena, lakukan konsolidasi kedalam satker masing-masing selanjutnya lakukan anev dan berikan arahan seluruh personil Polda Papua dan jajaran harus terlibat dalam mensukseskan event nasional ini, lakukan pergelaran personil untuk melaksanakan patroli dan razia dalam rangka sipta kondisi.

Selain kegiatan operasional yang harus ditingkatkan, Polda Papua juga mendapat kebijakan dari Bapak Kapolri untuk menyelenggarakan seleksi Bintara Noken yang mengakomodir Putra Asli Papua.

“Saya melihat animo masyarakat sangat besar, oleh karena itu kepada fungsi SDM persiapkan proses seleksi dengan baik, kita semua berhadap nantinya terpilih putra terbaik papua sebagai generasi penerus,”ujarnya

Untuk diketahui bahwa  pejabat yang diserahterimakan yakni Kombes Pol Drs. Mulyadi Kaharni, M.Si, yang menjabat sebagai Irwasda Polda Papua akan menduduki jabatan baru sebagai Irwasda Polda Banten, dan akan digantikan oleh Kombes Pol Petrus Patrige Rudolf Renwarin, SH. yang sebelumnya menjabat sebagai Dir Intelkam Polda Papua.

Kombes Pol Alfred, S.I.K yang sebelumnya menjabat sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Provos Divpropam Polri akan menduduki jabatan baru sebagai Dir Intelkam Polda Papua. Untuk sertijabnya akan dijadwalkan kembali oleh Biro SDM Polda Papua.

Kombes Pol Muchammad Yudi Hartanto yang sebelumnya menjabat sebagai Karo SDM Polda Papua akan menduduki jabatan baru sebagai Kabagrenmin Korbinmas Baharkam Polri dan akan digantikan oleh Kombes Pol Aris Haryanto, S.I.K., M.Hum., yang sebelumnya menjabat sebagai Assesor Utama Bagpenkompeten Robinkar SSDM Polri.

Kombes Pol Tony Harsono, S.I.K., yang menjabat sebagai Dir Reskrimum Polda Papua akan menduduki jabatan baru sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Pidum Bareskrim Polri (Dalam Rangka Dik Lemhanas PPRA LX T.A 2020), dan akan digantikan oleh Kombes Pol Kolestra Siboro, S.H., yang sebelumnya menjabat sebagai Kabidhukum Polda Papua.

AKBP Guntur Agung Supono, S.I.K., yang sebelumnya menjabat sebagai Kabagdalops Roops Polda Sumut akan menduduki jabatan baru sebagai Kabid Hukum Polda Papua.*