Tingginya Animo Pendaftaran Online dan Verifikasi Pra Bintara Noken

Pendaftaran online serta verifikasi Pra Bintara Noken/Humas Polda Papua

MIMIKA,wartaplus.com-Guna mencari generasi tanah Papua yang unggul, Polres Mimika masih menerima pendaftaran online serta verifikasi Pra Bintara Noken T.A. 2020 yang bertempat di Bag Sumda Polres Mimika, Selasa (11/2)

Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian Polri terhadap putra  Orang Asli Papua dan juga peluang emas bagi putra daerah untuk menjadi bagian dalam aparat Kepolisian.

Kegiatan penerimaan yang dipimpin oleh Kabag Sumda Polres Mimika Kompol Arifin tersebut menjadi program unggul dalam meningkatkan kualitas serta kemauan para generasi muda khususnya OAP untuk menjadikan dirinya seorang anggota Polri.

Dalam penerimaan tersebut, Kabag Sumda mengatakan hingga hari ini yang telah mendaftar secara online Polres Mimika sebanyak 126 orang dan Polres Asmat 27 orang, namun yang sudah terverifikasi di Polres Mimika sebanyak 46 orang dan Polres Asmat sebanyak 19 orang yang terdiri dari 2 orang pesisir dan 1 orang pegunungan.

“Cukup banyak pendaftar yang ingin mencalonkan dirinya sebagai anggota Polri, namun sebagian peserta belum dapat menyelesaikan pemberkasannya sehingga belum bisa dilakukan verifikasi,”ucap Kompol Arifin

Persyaratan yang dibutuhkan masih tetap sama dengan pendaftaran Polri lainnya, namun yang membedakan yaitu OAP yang berdomisili daerah pesisir minimal mempunyai tinggi badan 160 cm sedangkan daerah pegunungan di syaratkan mempunyai tinggi badan 158 cm.

Keinginan pemuda Papua dalam hal ini bisa dinyatakan tinggi dilihat dari jumlah pendaftar dan niat, serta persiapan yang dilakukan para calon pada saat melakukan uji pemberkasan.

“Harapan saya berkat adanya program Bintara Noken ini, banyak menggairahkan para putra Papua lainnya untuk bersatu menjadi aparat Kepolisian agar bisa mengabdi kepada bangsa dan negara,”kata salah seorang calon.*