Satgas Pamtas Pos Wambes Gelar Pelayanan Kesehatan Keliling di Desa Suskun

Personil satgas pamtas yonif raider 300/Bjw mengobati warga di desa Suskun/dok.Pendam17

KEEROMwartaplus.com – Peduli dengan kesehatan warga di wilayah tempat tugasnya, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 300/Bjw, Pos Wambes yang di pimpin Serda Wantoro memberikan pelayanan kesehatan keliling. Kali ini menyasar warga di Desa Suskun Pir-V, Distrik Mannem, Kabupaten Keerom, Papua, Jumat (07/02)

 Serda Wantoro di sela sela pelayanan kesehatan mengatakan, kesehatan merupakan bagian penting dalam menunjang berbagai aktifitas dengan tubuh yang sehat semua pencaharian, penghidupan demi memenuhi kebutuhan pokok dapat ditunjang dengan baik.

"Terkait hal itu, kami dari Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 300 selalu menggelar pelayanan kesehatan keliling untuk membantu meringankan semua keluhan penyakit yang di derita oleh warga masyarakat di Desa Suskun," katanya seperti dikutip dari rilis Pendam Cenderawasih.

"Dengan kegiatan tersebut setidaknya interaksi bisa tercipta dengan baik, karena dilakukan dengan mendatangi rumah warga satu persatu,"katanya.

Ditambahkan Serda Wantoro bahwa keberadaan puskesmas atau tempat berobat menjadi kendala bagi masyarakat dikampung ini., Karena dengan jarak yang cukup jauh dan terbatasnya transportasi dirasa begitu menyulitkan bagi mereka.

"Jarak ke Puskesmas dan Keterbatasan biayapun menjadi satu dari sekian keluhan yang di sampaikan, karena dengan penghidupan yang jauh dari kata cukup mereka hanya mengharapkan semua penyakit yang diderita sembuh dengan sendirinya tanpa melalui proses di obati,"ungkapnya.

Lebih lanjut katanya, pelayanan kesehatan yang diberikan beragam dari mulai mengecek tensi darah, pengobatan malaria sampai dengan bekas luka bakar yang di derita warga

"Sebelum melaksanakan tugas di perbatasan RI-PNG, Personel Satgas Yonif Raider 300 mayoritas sudah mendapatkan pelatihan kesehatan, sehingga kita datang disini sudah membawa bekal untuk melakukan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,"Pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Suskun, Yusuf Psebo, sangat mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih atas apa yang diberikan oleh TNI yang bertugas di Perbatasan, yang telah memberikan pelayanan kesehatan keliling secara langsung menemui warga dari rumah ke rumah.

"Apa yang sudah dilakukan oleh Bapak TNI di Perbatasan setidaknya bisa meringankan beban yang diderita oleh masyarakat,"ucapnya

"Dan saya selaku Kepala Desa juga berharap semoga kegiatan tersebut dapat berlangsung terus dan rutin sehingga keberadaan Bapak TNI di Perbatasan begitu bermakna karena dapat membantu menunjang kesehatan masyarakat,"Harapnya.(Adv)