Kwarda Pramuka Gandeng BKO Kodam Kasuari dan KAAM Bersihkan Pulau Mansinam

Ketua Ketua Bidang Abdi Masyarakat Kwarda Pramuka Papua Barat, Yuliana Mandacan-Kiriweno, Jumat (31/1)/Albert

MANOKWARIwartaplus.com – Kwartir Daerah (Kwarda) gerakan Pramuka tingkat Provinsi Papua Barat menggandeng Satuan BKO Kodam XVIII Kasuari Papua Barat dan Komunitas Anak Air Manokwari untuk melakukan aksi bersih bersih di Pulau Mansinam, usai perayaan HUT Pekabaran Injil (PI) ke 165 tahun, 5 Februari 2020 mendatang,. 

Wakil Ketua Bidang Abdi Masyarakat Kwarda Gerakan Pramuka Papua Barat, Ny. Yuliana Mandacan-Kiriweno menuturkan, aksi bersih bersih ini nantinya akan melibatkan semua pihak

baik jajaran pemerintah, TNI-POLRI, gereja dan masyarakat umum

“Kwarda Papua Barat lebih memilih lakukan pembersihan setelah perayaan HUT PI. sebab setelah perayaan Pekabaran Injil, biasanya akan banyak sampah berserakan dimana-mana,” ungkap Yuliana Mandacan, Jumat (31/1). 

Dikatakan, meskipun fokus pembersihan bakal melibatkan satuan BKO Kodam XVIII Kasuari Papua Barat dan komunitas anak air Manokwari setelah HUT PI, untuk anak anak pramuka juga akan membantu dalam hal mobilisasi masyarakat ke pulau Mansinam, juga bersiaga menjaga kebersihan, menjaga perairan, dan membantu pengamanan bersama pihak TNI-Polri. 

 Yuliana menambahkan, Kwarda Pramuka Papua Barat sudah melakukan berbagai kegiatan aksi bersih di dalam kota Manokwari menjelang 5 Februari nanti, namun mereka juga akan fokus pada Sabtu (hari ini), 1 Februari untuk kerja bakti di sekitar kawasan Sanggeng di ibukota Manokwari. 

Tak hanya itu, Kwarda Pramuka Papua Barat juga akan membangun Posko khusus di Pulau Mansinam dan ditempati anak-anak Pramuka demi suksesi perayaan HUT PI.**