Gubernur Saksikan Penyerahan 33 Nama Calon Anggota DPRPB Jalur Otsus

Gubernur Papua Barat saksikan penyerahan 33 nama calon anggota DPR Papua Barat/Albert

MANOKWARIwartaplus.com - Sekertaris panitia seleksi (Pansel) dari Kesbangpol Setda Provinsi Papua Barat menyerahkan berkas 33 calon anggota DPR Papua Barat yang diangkat melalui mekanisme pengangkatan otsus dari penjaringan kerja (Panja) tingkat kabupaten, kota dalam wilayah adat Provinsi Papua Barat.

Berkas calon anggota DPR periode 2019-2024 itu diserahkan melalui agenda resmi yang langsung disaksikan Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan dan unsur Muspida Provinsi, kepala OPD, MRP, Jumat (23/1).

Kepala Kesbangpol yang juga adalah Sekertaris Pansel Papua Barat, Baesara Wael dalam laporannya mengatakan, pihaknya sudah menerima berkas calon anggota DPR Otsus dari kabupaten, kota. 

Selanjutnya dokumen nama-nama calon tersebut diserahkan kepada Pansel tingkat provinsi untuk memulai tahapan seleksi sesuai jadwal yang nanti ditentukan.

Gubernur Dominggus Mandacan dalam sambutannya mengatakan, panitia penjaringan tingkat kabupaten, dan pansel tingkat provinsi akan bekerja secara profesional, jujur, terbuka dan adil.

"Nama-nama sudah diserahkan, karena sudah melalui musyawarah adat di kabupaten, kota sesuai wilayah adat di Papua Barat" kata Gubernur.

Gubernur menjelaskan, dari tahapan ini banyak nama yang akan dipanggil, namun sedikit yang akan dipilih. Tujuan dari semua ini akan melaksanakan tugas untuk kepentingan pembangunan Papua Barat.

Dikatakan gubernur, sebanyak 33 nama calon telah diterima oleh Pansel tingkat Provinsi, namun 22 nama akan dipilih melalui tahapan seleksi tingkat provinsi. 

Pada kesempatan yang baik ini, Gubernur menyampaikan bahwa sesuai moto Gubernur Papua Barat adalah 'Membangun Dengan Hati, Mempersatukan Dengan Kasih menuju Papua Barat yang aman, sejahtera dan martabat'.**