Satpam Merupakan Mitra Utama Polri

Kapolda Papua Pimpin Upacara Hari Ulang Tahun Satuan Pengamanan Ke 39

Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Paulus  Waterpauw/Humas Polda Papua

JAYAPURA,wartaplus.com- Upacara Hari Ulang Tahun Satuan Pengamanan (SATPAM) Ke 39 Tahun 2020 dengan Thema “Satuan Pengamanan Berbasis Kompetensi Mewujudkan SDM Unggul untuk Terciptanya Situasi Kamtibmas yang Kondusif dan Terjaminnya Keamanan di Lingkungan Kerja Menuju Indonesia Maju“, dipimpin langsung oleh Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Paulus  Waterpauw, di Lapangan Apel Mako Brimob Polda Papua, Rabu (22/1) pagi. Hadi dalam  kegiatan tersebut Dir Binmas Polda Papua Kombes Pol Mohamad Nasihin, SH., Pejabat Utama Polda Papua, Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas, SH. S.IK., Staf Ahli Pangdam XVII/Cenderawasih Bidang Hukum dan Humaniter Kolonel Inf. Yusuf Ragainaga, Dan POM AL Lantamal X Letkol Laut PM. Feber H. Simandalahi, SH. Kasat Pol PP Kabupaten Jayapura Drs. Frits Rumayomi M.Si., Ketua Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesi (ABUJAPI) Provinsi Papua Hamid Ambarak.

Dalam  amanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Pol Drs. Idham Aziz M.Si, yang dibaca Kapolda Papua diungkapkan, selaku pimpinan Polri, dengan rasa bangga saya mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke-39 kepada seluruh anggota Satuan Pengamanan di mana pun saudara bertugas.

“Semoga Satpam senantiasa profesional dalam bertugas dan eksistensinya semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Saya juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh anggota Satpam, pimpinan badan usaha jasa pengamanan, pengurus asosiasi jasa pengamanan, serta segenap stakeholders terkait lainnya, atas kerja sama sinergis dalam memelihara stabilitas kamtibmas yang kondusif. Sinergisitas ini senantiasa terpelihara dengan baik dan terus ditingkatkan,”ujar Kapolri dalam amanatnya yang dibacakan Kapolda Papua

Dengan momentum yang kehormatan ini, marilah kita sejenak mengenang dan mendoakan Kapolri ke-8, sekaligus Bapak Satpam Indonesia, almarhum Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Awaloedin Djamin, M.P.A., yang telah berjasa besar dalam membentuk, mengembangkan dan memajukan Satpam sebagai sebuah profesi yang luhur dan mulia. Semoga kita sebagai generasi penerus dapat senantiasa meneladani pengabdian, perjuangan, dan prestasi Beliau dalam setiap pelaksanaan tugas. “Teriring doa semoga Almarhum mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, Amin Ya Robbal Alamin,”ucapnya.

Dikatakan juga Satpam merupakan salah satu mitra utama Polri dalam pemeliharaan kamtibmas. Oleh karena itu, setiap anggota Satpam harus memiliki kualifikasi dan kemampuan yang optimal dalam penanganan gangguan keamanan di lingkungan kerjanya.

Eksistensi Satpam juga berkontribusi besar mendukung program prioritas pemerintah, khususnya dalam hal memberikan jaminan keamanan terhadap upaya transformasi ekonomi yaitu peningkatan investasi dan cipta lapangan kerja yang kondusif. Dengan demikian, profesi Satpam memiliki peran strategis guna mendorong kemajuan bangsa dan kesejahteraan masyarakat.

Berdasarkan uraian tersebut, saya menilai bahwa tema yang diangkat dalam peringatan HUT ke- Satpam ini sangat tepat, yaitu "Satuan Pengamanan Berbasis Kompetensi Mewujudkan SDM Unggul Untuk Terciptanya Situasi Kamtibmas Yang Kondusif  dan Terjaminnya Keamanan di Lingkungan Kerja Menuju Indonesia Maju". Tema tersebut juga selaras dengan Kebijakan Presiden RI yaitu pembangunan SDM serta Program Prioritas Kapolri yaitu mewujudkan SDM yang unggul dan pemantapan Harkamtibmas.

“Tanamkan kebanggaan dan kehormatan sebagai anggota Satpam, dengan menjunjung tinggi profesionalisme dalam pelaksanaan tugas serta senantiasa memegang teguh kode etik dan profesi Satpam. Tingkatkan kesiapsiagaan, sehingga setiap gangguan keamanan di lingkungan kerja dapat ditangani dengan cepat dan tuntas. Terus tingkatkan kompetensi diri, baik melalui pendidikan maupun pelatinan, guna mendukung keberhasilan pelaksanaan tuga,”kata Kapolda.

Peserta upacara HUT Satpam ke 39 di Lapangan Brimob Kotaraja/Humas Polda Papua

Ditegaskannya, tingkatkan kerja sama sinergis dengan jajaran TNI-Polri, stakeholders lain, dan berbagai elemen masyarakat guna memelihara stabilitas keamanan dan ketertiban di lingkungan kerja. Serta Gelorakan budaya penanaman pohon !p lingkungan kerja dan sekitarnya guna mendukung program penghijauan dan pelestarian alam.*