85 Prajurit Kodam Jaya Diperbantukan Sebagai Danramil dan Babinsa di Tanah Papua

Sebanyak 85 prajurit Kodam Jaya siap diperbantukan sebagai Danramil dan Babinsa di setiap wilayah teritorial Kodam Cendrawasih/dok.Pendam17

JAYAPURAwartaplus.com -  Sebanyak 85 prajurit Kodam Jaya/ Jayakarta tiba di Bandar Udara Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (20/1).

Kedatangan prajurit ini dalam rangka melaksanakan tugas perbantuan atau memperkuat satuan-satuan teritorial yang baru dibentuk di wilayah Kodam Cenderawasih Papua selama satu tahun dengan mengisi tugas-tugas sebagai Danramil dan Babinsa (Aparat Teritorial).

Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Cpl Eko Daryanto dalam siaran persnya menyebutkan, prajurit Apter dari Kodam Jaya tersebut akan disebar di seluruh wilayah Kodim-Kodim persiapan jajaran Kodam XVII/Cenderawasih. 

“Kedatangan Personil Satgas Apter tersebut untuk mengisi kekosongan maupun kekurangan personil di Kodim-Kodim persiapan, Koramil serta Babinsa di wilayah Kodam XVII/Cenderawasih, satuan tugas Apter ini tidak hanya di wilayah Kodam XVII/Cenderawasih, melainkan juga dilakukan di Wilayah Kodam XVIII/Kasuari Papua Barat," ujar Kapendam.

Lanjut ditegaskan Kapendam, anggota tersebut mendapat kepercayaan dari negara dan institusi TNI yang harus dilaksanakan dengan totalitas dan dedikasi serta profesionalme yang tinggi, untuk melaksanakan tugas-tugas sebagai Aparat Teritorial satuan-satuan Kodim persiapan di wilayah Indonesia Bagian Timur.

"Kehadiran prajurit Aparat Teritorial TNI AD dari Kodam Jaya ini diharapkan mampu memberdayakan potensi-potensi wilayah pertahanan di darat khususnya wilayah Papua untuk kepentingan pertahanan semesta, melaksanakan tugas pembinaan teritorial dalam mendukung dan menciptakan kemanunggalan TNI dengan rakyat,"harapnya. 

Kapendam juga berharap dengan perkuatan prajurit Aparat Teritorial (APTER) di wilayah Kodam XVII/Cenderawasih ini diharapkan mampu menciptakan dan meningkatkan kemanunggalan TNI dan masyarakat, terwujudnya kerjasama dengan tokoh masyarakat, pemerintah dan siap membantu masyarakat dalam rangka terciptanya damai dan peningkatan kesejahteraan yang berkeadilan di wilayah Provinsi Papua.

“Kami berharap Satgas Aparat Taritorial tersebut mampu berkerja sama dengan Masyarakat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Pemerintah Daerah dalam rangka mewujudkan perdamaian dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,”Harapnya lagi

Kapendam menambahkan bahwa sebelum diberangkatkan ke Papua para prajurit Apter tersebut sudah menerima pembekalan beberapa materi tentang Pembinaan Teritorial. Selanjutnya akan menerima pembekalan materi-materi pengetahuan dan keterampilan di Rindam XVII/Cenderawasih antara lain pengetahuan Antropologi Papua, Hukum, keterampilan pertanian dan perikanan serta keterampilan-keterampilan yang terkait dengan pemberdayaan masyarakat.(Adv)