Kodam Cenderawasih Gelar Rapat Pembentukan Ormas Presidium P5

Kasdam Cenderawasih, Brigjen TNI Irham Waroihan bersalaman dengan anak mantan pejuang Papua, Theys Eluay/dok.Pendam17

JAYAPURA  - Bertempat di Aula Toni A Rompis Makodam XVII/Cenderawasih, Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Irham Waroihan membuka Forum Rapat Kominda Tahun 2020 dalam rangka Membahas Pembentukan Ormas Presidium Putra Putri Pejuang Papera (P5), Rabu (15/01)

Dalam sambutannya Kasdam menyampaikan bahwa Forum Rapat Kominda kali ini bertujuan untuk membahas pembentukan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Presidium Putra Putri Pejuang Papera.

"Ormas ini akan beranggotakan/menaungi anak-anak keluarga besar pejuang veteran serta masyarakat pada umumnya yang akan bergabung di seluruh wilayah Provinsi Papua," ujar Kasdam seperti dikutip dari rilis Pendam Cenderawasih

Organisasi P5, ungkap Mantan Danrem Mojokerto ini, bertujuan untuk menyampaikan beberapa tawaran solusi atas masalah yang terjadi di Papua, baik dibidang pendidikan, sosial budaya dan kesejahteraan serta permasalahan lainnya.

Kasdam berharap melalui kegiatan ini menjadi masukan bagi pemerintah daerah dan pusat agar masalah Papua sebagai bagian tak terpisahkan dari NKRI dapat terselesaikan dengan baik dan menyeluruh,”Kata Kasdam.

"Kalau melihat generasi muda Papua hari ini kami lihat nasionalismenya lemah sekali sehingga banyak yang sering turun ke jalan dan menuntut referendum, maka dari itu kita harus menciptakan sebuah solusi sebagai jalan keluar untuk menjaga keutuhan Papua sebagai dari bagian NKRI," ujar Kasdam

Menurut dia, saat ini semua pihak harus bekerja sama untuk menambah kepercayaan di lingkungan masyarakat, agar masyarakat dapat lebih percaya kepada Pemerintah Daerah, TNI dan Polri serta institusi pemerintah/negara untuk mengatasi masalah-masalah yang ada di Papua.

Di akhir sambutannya Kasdam menegaskan bahwa untuk menjaga rasa nasionalisme dikalangan masyarakat, generasi pemuda dan anak-anak di Papua, negara perlu memperhatikan para tokoh-tokoh pejuang dan Veteran di Papua karena mereka yang selama ini telah bersama dengan pemerintah menjaga Papua. Termasuk memperhatikan kesejahteraan para pejuang/Veteran Pepera.

"Karena mereka juga yang mengetahui sejarah Pepera itu sendiri agar kedepan mereka juga akan hadir sebagai Benteng Negara. Dalam hal ini Pemuda Panca Marga Papua perlu mendapat dukungan pemerintah guna mengawal putra putri papua dalam mengawal kedaulatan NKRI ditanah Papua," pungkas Kasdam.

Adapun hasil dari Forum tersebut adalah pertama, Forum sangat setuju dan antusias dengan ide gagasan pembentukan Ormas P5 guna memberikan kontribusi yang maksimal dalam pembangunan Papua kedepan namun perlu adanya tim kecil dan pertemuan lanjutan untuk merumuskan Format dari Organisasi tersebut. Kedua, perlu sinergitas antara stake holder yang ada di wilayah Papua guna akselerasi tercapainya tujuan Ormas P5.

Hadir dalam kegiatan Forum KOMINDA tersebut beberapa pejabat antara lain Aster Kasdam XVII/Cenderawasih, Dandim 1701/Jayapura, Polda Papua, Kakesbangpol Provinsi Papua, Tokoh Pemuda/Adat, perwakilan dari Instansi Kejaksaan, Bea Cukai/Imigrasi, Lanud SPR, Lantamal X dan Polresta Jayapura.(Adv)