Akhir Tahun Pengurus Dewan Kesenian Boven Digoel Dilantik

Wakil Bupati Boven Digoel Chaerul Anwar saat melantik pengurus dewan seni budaya kabupaten Boven Digoel/Cholid

TANAH MERAH-Bertempat di ruang Aula Kantor Bupati Boven Digoel, Pengurus Dewan Kesenian Tanah Papua Kabupaten Boven Digoel periode 2019-2024 dilantik, Senin (30/12) malam.

Pelantikan Pengurus  Dewan Kesenian Tanah Papua Kabupaten Boven Digoel periode 2019 - 2024 dilantik berdasarkan surat SK Bupati Kabupaten Boven Digoel nomor 431/343 tahun 2019 yang menunjuk Wakil Bupati Boven Digoel Chaerul Anwar melantik Pengurus Dewan Kesenian yang baru. 

Bahkan kata lanjut Anwar, berdasarkan undang-undang otonomi khusus dengan demikian dapat memberikan peluang bagi masyarakat untuk melakukan pembinaan dan pengembangan seni budaya sesuai dengan kearifan lokal demi meningkatkan harkat dan martabat serta identitas orang Papua didalam bingkai NKRI.

"Kita perlu sadar diri di era globalisasi kita harus mempertahankan jatidiri seni dan budaya sehingga  kehadiran pengurus dewan yang baru dapat menghadapi tantangan itu," terangnya.

Ia menambahkan bahwa seni dan budaya pada hakekatnya merupakan estetika turun temurun dari generasi ke generasi sehingga seni dan budaya merupakan dua hal yang berkaitan.

"Setiap Seni punya kebudayaan yang khas, begitu pula sebaliknya pada setiap kebudayaan pasti mempunyai seni yang begitu indah dan tidak ternilai harganya, maka marilah kita lestarikan seni dan budaya yang ada di Boven Digoel," tegasnya.

Ketua Pengurus Dewan Kesenian Provinsi Papua Nomensen Mambraku dalam sambutannya berharap agar pengurus yang baru dilantik dapat mengemban tugas dan tanggung jawab untuk selalu memperhatikan dan melestarikan seni dan budaya yang ada di Boven Digoel bagi generasi yang akan datang.

"Setiap etnis di Indonesia harus memperhatikan harkat dan martabat sebagai jati dirinya, maka kita harus bertanggung jawab memikul beban ini untuk melanjutkan cerita saat ini untuk masa datang demi mempertahankan harkat dan martabat orang Boven Digoel," bebernya.

Sementara itu Ketua Pengurus Dewan Kesenian Boven Digoel Yohanes R Eremsan menyampaikan terimakasih kasih kepada pemerintah daerah yang telah mendukung sehingga terselenggaranya pelantikan pengurus dewan kesenian periode 2019-2024 dengan baik dan lancar.

"Pelantikan ini sangat mendapatkan dukungan dari pemerintah, kami dari seniman memberikan ucapan dan penghargaan setinggi-tingginya buat pemerintah terutama bagi Bupati Boven Digoel," tuturnya.

Bahkan kata Yohanes, saat ini pihaknya akan bekerja untuk mengkoordir para seniman guna terus melestarikan seni dan budaya yang ada di Boven Digoel agar dapat dikenal di mancanegara.

"Kami kini sudah ada tempat dan rumah ini tentunya akan menjadi wadah untuk semua seniman yang ada di Boven Digoel," terangnya.*