Wakapolda Papua: Terduga Teroris yang Ditangkap di Jayapura dari Jaringan Lampung dan Medan

Polisi membuat garis polisi di salah satu rumah warga tersuga teroris di Sentani/Andy

JAYAPURA – Kurang lebih sepekan pasca penangkapan terhadap terduga teroris di Sentani, Kabupaten Jayapura Polda Papua akhirnya mengumumkannya kepada publik.

Wakapolda Papua, Brigjen Pol Yakobus Marjuki, mengatakan dari upaya penangkapan tersebut, polisi berhasil mengamankan tujuh orang terduga teroris. “Dari upaya penangkapan yang kita lakukan, ada tujuh orang yang ditangkap. Kita terus berupaya untuk menciptakan suasana aman dan damai jelang natal di papua,” katanya kepada wartawan di Kota Jayapura, Jumat (13/12) siang.

Wakapolda menyebut, tujuh orang yang ditangkap merupakan jaringan teroris Lampung dan Medan. “ Mereka ini merupakan jaringan teroris dari Lampung dan Medan yang lari ke Papua, da mereka sudah diikuti oleh tim dari mabes polri,” ujarnya.

Disinggung soal apakah ketujuh terduga teroris ini akan melakukan aksi di Papua, wakapolda mengaku bahwa polisi masih melakukan peyelidikan. “Kita masih melakukan pengembangan apakah akan melakukan aksi disini atau tidak. Tapi yang jelas bahwa mereka merupakan jaringan teroris dari Lampung dan Medan,” terangnya.

Sebelumnya, pada Kamis (5/12) lalu aparat meakukan penangkapan terhadap sejumlah terduga teroris di Sentani, Kabupaten Jayapura. Selain itu, polisi juga melakukan penggeedahan di beberapa rumah terduga teroris dan mengamankan sejumlah barang bukti.*