Petugas KPU Ikuti Pelatihan Mental Karakter Pemilu 2020

Petugas KPU dari 11 Kabupaten berfoto bersama Komisioner KPU Provinsi Papua/ Andy

SENTANI-Ratusan Komisioner KPU dari 11 kabupaten yang akan menggelar Pilkada serentak di Provinsi Papua tahun 2020 mengikuti pelatihan leadership training yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum Provinsi Papua di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Papua, Theodorus Kossay, mengatakan, pelatihan leadership training ini merupakan bagian dari persiapan KPU untuk menghadapi Pilkada serentak tahun 2020. Dengan pelatihan ini, maka komisioner KPU di masing-masing kabupaten diharapkan tidak mengulang kembali kesalahan yang terjdai pada Pemilu 2019 lalu.

“ Ini adalah persiapan kita menyambut Pilkada tahun depan, supaya jangan lagi pengalaman buruk Pemilu 2019 ini terulang lagi di tahun 2020,” katanya kepada wartawan di Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (9/12) sore.

Menurutnya, pelatihan ini juga mendorong komisioner KPU di daerah untuk melaksanakan tahapan Pilkada dengan baik dan sesuai dengan aturan.“Jadi pesan moral yang ingin kita sampaikan adalah komisioner KPU harus jujur sejak melaksanakan tahapan awal, memberikan rasa aman kepada masyarakat dan juga peserta pilkada. Etika, moral dan prinsip kemanusian itu harus menjadi utama,” ungkapnya.

Menurutnya, dalam pelaksanaan pemilu serentak di 11 kabupaten provinsi papua akan berlangsung panas mengingat dendam atau kekecewaan dalam pemilu sebelumnya masih ada di masyarakat, sehingga ia meminta komisioner harus siap menghadapi hal tersebut.

“Disini mental dan karakter pelaksana pilkada diuji, sehingga komisioner KPU dituntut untuk menjunjung tinggi aturan sehingga dapat memberikan rasa aman bagi masyarakat maupun kepada peserta pilkada,” ujarnya.

Dirinya juga meminta komisioner KPU di 11 kabupaten untuk merefleksikan diri untuk membantu saling membantu, sehingga mampu bersama-sama membangun Papua sesuai dengan tema yang diusung “ Aku berubah, KPU berubah dan Papua berubah “.

Adapun 11 kabupaten yang akan menggelar pilkada serentak di Papua, yakni, Kabupaten Keerom, Memberamo Raya, Supiori, Waropen, Nabire, Yalimo, Pegunungan Bintang, Yahukimo, Boven Digoel, Merauke dan Asmat.