Penyerang Polsek Sinak Yang Menewaskan Tiga Anggota Polisi Ditangkap

Kapolda Papua Inspektur Jenderal Polisi Paulus Waterpauw/Cholid

JAYAPURA-Tim Khsus Polda Papua berhasil menangkap Iris Murib yang diketahui merupakan pimpinan kelompok kriminal bersenjata Sinak Kabupaten Puncak. Kamis (21/11) siang.

Iris Murib sendiri ditangkap disalah satu honai warga di seputaran Kali Pindah, Distrik Iwaka, Kabupaten Mimika, setelah tim khusus Polda Papua memonitoring pergerakan pelaku dari arah Timika.

Pelaku sendiri sempat melakukan perlawanan, sehingga pihak kepolisian melakukan tindakan tegas  dengan melumpuhkan yang bersangkutan (pelaku red) dan selanjutnya dibawa guna dilakukan interogasi lebih lanjut.

Iris Murib diketahui merupakan DPO dalam kasus penyerangan yang melukai satu orang serta menewaskan tiga anggota Polsek Sinak, pada tanggal  17 Desember 2015 lalu, dan merampas delapan pucuk senjata api.

Bahkan dirinya (Iris Murib red) pun terlibat dalam kasus penyerangan terhadap dua anggota Brimob Polda Aipda Thomson Siahaan dan Bripda Apriyanto Forche Papua pada 3 Desember 2014, di Sinak Kabupaten Puncak.

Iris Murib pun merupakan pimpinan KKB Sinak setelah sebelumnya Kalenak Telenggen diamankan.

Sementara itu keberadaan Iris Murib di Timika diduga sedang mencari tambahan amunisi, dimana sebelumnya dirinya terlebih dahulu berada di Paniai.

Kapolda Papua Inspektur Jenderal Polisi Paulus Waterpauw ketik dikonfirmasi membenarkan penangkapan terhadap Iris Murib, namun dirinya menyebutkan belum menerima laporan jelas terkait penangkapan yang dilakukan oleh anggotanya.

"Saya belum terima laporan jelas, sebentar malam lagi ya baru hubungi, saya baru tiba di Timika," singkatnya saat dihubungi melalui telepon selulernya, Jum'at (22/11) sore.*