Jaga Kamtibmas, Polresta Jayapura Gencar Lakukan Razia dan Patroli

Aparat gabungan dari Polresta Jayapura Kota dan Kodim 1701 saat melakukan razia di seputaran Waena/Dok.HumasPolresta

JAYAPURA – Menindak lanjuti kalender kamtibmas pihak kepolisian, Polresta Jayapura Kota menggelar razia di berbagai lokasi di Kota Jayapura guna mengantisipasi gangguan kriminalitas yang kian meningkat dan meresahkan warga

Kapolresta Jayapura Kota Ajun Komisaris Polisi Gustav R Urbinas menerangkan kegiatan yang dilakukan Polresta Jayapura dan Polsek jajaran tidak lain untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi mayarakat.

“Razia dan patroli yang dilakukan ini merupakan agenda rutin kami dan atensi pimpinan dalam kalender kamtibmas, guna mengantisipasi berbagai gangguan keamanan yang dapat mengancam dan meresahkan masyarakat,” ucapnya saat dikonfirmasi, Selasa (19/11) sore.

Kata Gustav, ada enam lokasi razia yakni mulai dari distrik Jayapura Utara, Abepura, Heram, Waena, Distrik Muara Tami, hingga Skouw perbatasan RI-PNG. Bahkan razia itu sendiri pihaknya mengamankan puluhan alat tajam serta belasan kendaraan bermotor yang dicurigai merupakan hasil kejahatan.

“Senjata tajam kami amankan hampir mencapai 40 dengan berbagai jenis mulai dari badik, sangkur, hingga parang, sementara kendaraan bermotor saat ini telah diamankan masing-masing polsek yang menggelar razia, satu diantaranya memiliki laporan polisi dan kami amankan pengendaranya yang merupakan seorang wanita berinisial AW (22),” beber Gustav.

 Lanjut Kapolres, selain melakukan razia dirinya pun telah memerintahkan seluruh polsek jajaran meningkatkan patroli rutin di beberapa lokasi yang dianggap rawan terjadinya tindak pidana kejahatan.

“Sejak kemarin (Senin 18 November red) hingga saat ini kami terus melakukan patrol baik secara terbukan dan tertutup demi menjamin keamanan dan kenyaman seluruh masyarakat dari berbagai gangguan yang akan terjadi,” tegasnya.

Ia pun memaparkan situasi Kota Jayapura saat ini aman terkendali tanpa ada gangguan kamtibmas menonjol, bahkan dirinya berharap ada peran serta masyarakat untuk menjaga lingkungan masing-masing, apabila ada kejadian atau hal-hal yang mencurigakan untuk segera melaporkan kepada pihak kepolisian terdekat.

“Kami memiliki Aplikasi Noken apabila masyarakat merasa terancam atau terganggu dengan suatu kejadian segera menekan tombol panick battom maka kami akan segera merespon laporan tersebut, tanpa harus, membuang waktu lama mendatangi kantor pihak kepolisian” tandasnya.**