Kodam Cenderawasih Gelar Pelatihan Kursus Mahir Dasar Pembina Pramuka

Pangdam XVII Cenderawasih, Mayjen TNI Herman Asaribab mengalungkan tanda peserta sebagai simbolis dibukanya pelatihan bagi pembina pramuka/Dok.Pendam17

JAYAPURA - Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab sebagai Pembina Pramuka Membuka Kegiatan Kursus Mahir Dasar Pembina Pramuka Saka Wira Kartika terpusat tingkat Daerah di wilayah Kodam XVII/Cenderawasih TA 2019. Bertempat di Lapangan Pancasila Rindam XVII/Cenderawasih, Senin (18/11).

Kegiatan yang akan berlangsung selama 6 hari ini, 17 hingga 22 November 2019 mengusung Tema “TNI AD Melalui Kursus Mahir Dasar Pembina Pramuka Saka Wira Kartika Terpusat Tingkat Daerah Membentuk Kader Pembina Pramuka Mahir Dasar Saka Wira Kartika Yang Handal dan Profesional”

Pembukaan acara ditandai dengan penancapan kapak oleh Pangdam selaku pembina upacara dan diikuti oleh kurang lebih 300 peserta dari berbagai satuan Kowil dan Non Kowil jajaran Kodam XVII/Cewnderawasih.

Dalam sambutannya Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab mengatakan bahwa, kegiatan ini merupakan salah satu program kerja Kodam XVII/Cenderawasih, sebagai bentuk untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sumber daya manusia serta mengembangkan rasa persaudaraan dan persatuan dikalangan pembina, pamong dan instruktur Pramuka melalui kegiatan Kursus Mahir Dasar Pembina Pramuka Satuan Karya Wira Kartika. 

"Selain untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan, kegiatan ini juga untuk mengembangkan rasa persaudaraan dan kesatuan kita semua," kata Pangdam seperti dikutip dari rilis Pendam Cenderawasih.

Lanjut Pangdam, kegiatan ini juga untuk membina dan membentuk kader pembina Pramuka Saka Wira Kartika berkepribadian, berakhlak mulia, disiplin, terampil dan berjiwa kesatria serta memiliki rasa cinta tanah air yang berlandaskan Bhinneka Tunggal Ika dengan semangat bela negara

Adapun hal terpenting yang disampaikan Pangdam adalah bagaimana membentuk karakter dan cinta terhadap tanah air. 

"Sebagaimana dasar Negara Pancasila ini terbentuk melalui proses panjang yang disatukan oleh Bhinneka Tunggal Ika sehingga menjadi dasar NKRI yang utuh yang berdasarkan Ketuhanan yang Maha Esa," tuturnya.

Diakhir sambutan Pangdam juga berpesan kepada seluruh peserta agar menggali seluruh materi yang diberikan oleh Kwarnas dalam bentuk modul pelatihan Kepramukaan selama penataran sebagai bekal membina Kepramukaan. 

“Sebagai Pembina Pramuka harus lebih bagus dari yang dibina dalam membentuk karakter yang baik dalam masyarakat, dimana rata-rata pembina tersebut berprofesi sebagai anggota TNI, yang sudah memiliki Sapta Marga, Sumpah Prajurit, 8 Wajib TNI dan ditambah dengan Dasa Dharma Pramuka," pesannya.

Turut hadir dalam upacara Pembukaan Danrindam XVII/Cenderawasih, Para Asisten Kasdam XVII/Cenderawasih, Kabalakdam XVII/Cenderawasih, Ka Kwarda Provinsi Papua, Ibu Walikota Jayapura, Kapusdiklat Kwarda Jayapura Papua.(Adv)