Peringatan HUT TNI AU ke-72, Kualitas Alutsista TNI Angkatan Udara Akan Ditingkatkan

Tampak ratusan personil TNI/Polri saat mengikuti peringatan HUT TNI Angkatan Udara ke-72 di Base OpsLanud Jayapura, Senin (9/4) pagi/ Fendi

SENTANI,– Pangkalan Udara (Lanud) Jayapura menggelar peringatan HUT TNI Angkatan Udara ke-72 dengan sederhana di Base OpsLanud Jayapura, yang dihadiri Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, Kapolres Jayapura, AKBP Vicktor Mackbon, dan sejumlah pimpinan Forkopimda di Kabupaten Jayapura, Senin (9/4) pagi.

Dalam sambutan Kepala Staff Angkatan Udara, Marsekal TNI Yuyu Sutisna, yang dibacakan oleh Komandan Lanud Jayapura, Kolonel Pnb Muhammad Yanni Amirullah, mengatakan, dalam perkambangan pembangunan dan kemajuan teknologi saat ini memicu ancaman baru terhadap negara, sehingga tantangan yang dihadapi oleh angkatan udara semakin berat/.

“Untuk mengantisipasi tantangan tersebut, maka TNI Angkatan Udara harus memiliki kemauan, tekad, dan komiteman guna mewujudkan hasil yang maksimal,” ujarnya.

Selain itu, Marsekal TNI Yuyu Sutisna, meminta seluruh anggota TNI angkatan udara dalam menjalankan tugas harus melakukan perencanaan yang baik dan bersinergi dengan komponan bangsa serta rakyat, sehingga tugas yang dikerjakan tepat sasaran.

“Saya tegaskan kepada seluruh personil angkatan udara, dalam melaksanakan tugas harus membuat perencanaan yang baik, saling bersinergi dengen segenap komponen bangsa dan rakyat untuk menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan. Tunjukan bahwa TNI angkatan udara adalah insan dirgantara yang mengerti dan memahami tugas dan tanggung jawab dalam menjaga pertahanan negara di udara,” ucapnya.

Ditambahkan, kedepan pihaknya juga akan meningkatkan kualitas alutsista TNI angkatan udara dengan mendatangkan pesawat tempur, pesawat tanpa awak, dan beberapa peralatan tempur lainnya, menuju TNI angkatan udara yang modern.

“Kita terus berusaha untuk memenuhi alutsista angkatan udara, seperti pesawat tempur pengganti F5 dengan pesawat tempur generasi empat, helikopter angkut berat, pesawat tanpa awak, senjata udara dan rudal penangkis serangan udara, serta sarana prasarana lainnya,” bebernya.

Lebih lanjut disampaikan, kedepan pihaknya juga akan mendukung salah satu program pemerintah, yakni menghadirkan negara di tengah masyarakat, guna memberikan rasa aman bagi seluruh masyarakat, serta mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia. [Fendi]