Berlatih 2 Bulan, Kabupaten Mappi Juarai Kategori Remaja Pesparani Papua

Kontingen Kabupaten Mappi Keluar Sebagai Juara Kategori Remaja Pesparani I Papua / Istimewa

JAYAPURA - Kabupaten Mappi yang hanya melakukan persiapan latihan selama 2 bulan akhirnya berhasil merengkuh juara lomba Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) I Katolik di Provinsi Papua untuk kategori remaja. Sorak gembira dan ucapan syukur peserta dari Kabupaten Mappi membahana, usai dewan juri mengumumkan perolehan Kabupaten Mappi mendapatkan 85,20 dan mendapatkan gold 1. 

Kemudian disusul Kota Jayapura dengan nilai 82 dan mendapatkan gold 2, serta posisi ketiga ditempati Kabupaten Merauke dengan mendapatkan 80,91 dan mendapatkan gold 3.    

Ketua Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik  (LP3K) Kabupaten Mappi, Vincentius Jamlean berterima kasih atas dukungan semua pihak dengan prestasi yang telah diraih oleh remaja di Mappi. 

“Mereka hanya berlatih 2 bulan dengan rutin. Paduan suara remaja kali ini 100% adalah remaja dari Suku Yakai Mappi dengan umur 12-17 tahun. Dengan kemenangan ini, sehingga Mappi akan mewakili Papua pada lomba Pesparani Nasional 2020 di Kupang,” jelas Vincentius, Jumat (15/11).

Pelatih paduan suara remaja Kabupaten Mappi, Yuliana Da Costa Yaimu mengaku kemenangan yang didapat sesuai dengan harapan. Kelompok pasuan suara remaja ini telah tergabung dalam satu Paroki Hati Kudus Mappi.

Menurutnya, kelompok remaja pada paduan suara ini sudah menyatu antara satu dengan yang lainnya. Apalagi kelompok ini sering tampil di gereja ataupun acara pemerintahan dan instansi lainnya.

“Dengan seringnya anak-anak ini tampil di luar acara gereja, maka memupuk keberanian dan percaya diri anak-anak. Terlebih kami selalu rutin latihan dalam seminggu 2 kali. Jadi bukan karena ingin lomba, baru kami latihan. Sebab latihan rutin ini tanpa tunggu adanya lomba, sehingga kami sudah terbentuk dan tak sulit untuk menyesuaikan,” katanya

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mappi, Yohanes Kristotumus Wendik berterima kasih kepada pemerintah daerah yang 100 persen mendukung peserta Pesparani dari Mappi dapat hadir di Kota Jayapura mengikuti Pesparani I tingkat Provinsi Papua. 

“Anak-anak sudah maksimal melaksanakan tugasnya dan kami bersyukur di hari pertama ini, Mappi telah mendapatkan juara untuk kategori gregorian remaja,” ujar Yohanes yang menyebutkan Kabupaten Mappi mengikuti 9 dari 13 kategori lomba. 

Wakili Papua Tingkat Nasional

Koordinator Lomba Pesparani I Katolik di Provinsi Papua, Pastor Konstatinus Bahang menyebutkan dengan mendapatkan juara kategori remaja maka Kabupaten Mappi akan mewakili Papua pada Pesparani Nasional 2020 di Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur. 

“Sesuai dengan pertimbangan dan kesepakatan awal, siapa yang diumumkan menang, maka akan mewakili pada Pesparani selanjutnya pada tingkat nasional,” jelasnya. 

Perlombaan Pesparani I difokuskan pada 4 lokasi yakin LPMP Kotaraja, STFT fajar Timur, Gereja Kristus Terang Dunia Waena dan Aula GKI Pniel Kotaraja. Dengan kategori lomba paduan suara, bertutur kitab suci, cerdas cermat rohani dan bermazmur.

”Siang ini sudah diumumkan dua kategori lomba yakni bertutur kitab suci anak dan paduan suara gregorian remaja. Sore nanti perlombaan akan dimulai kembali pad apukul 15.00 WIT,” pungkasnya.**