Khasiat yang di Dapat Jika Rutin Minum Air Kelapa di Pagi Hari

Net

WARTAPLUS - Minum air kelapa di siang hari sudah biasa, apalagi ditambah dengan es, membuat Anda terasa segar kembali. Namun apakah Anda sudah pernah coba minum air kelapa di pagi hari? Katanya, khasiat air kelapa justru lebih banyak Anda dapatkan jika diminum di pagi hari. Apa saja manfaat minum air kelapa muda di pagi hari? Berikut penjelasannya.

Kandungan nutrisi air kelapa

Setiap buah kelapa memiliki air di dalamnya. Akan tetapi jangan keliru, ada dua macam jenis buah kelapa yaitu:

  • buah kelapa yang tua (umumnya berwarna coklat) yang menghasilkan santan.
  • buah kelapa muda (berwarna hijau) yang biasa Anda minum airnya.

Para pakar kesehatan sepakat jika air kelapa punya banyak khasiat untuk tubuh. Air kelapa mengandung natrium yang baik untuk menjaga keseimbangan garam di dalam tubuh.

Tak hanya sampai disitu, air kelapa juga memiliki kalori yang lebih rendah, serta kalium yang lebih tinggi dibandingkan minuman olahraga. Bahkan, kandungan gula dalam air kelapa jauh lebih rendah daripada minuman olahraga, soda, dan jus buah lainnya. Minuman ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk orang dewasa maupun anak-anak yang menyukai minuman dengan komposisi yang tidak terlalu manis.

Selain itu, vitamin dan mineral yang ditawarkannya juga tidak tanggung-tanggung, ada vitamin C, vitamin B kompleks seperti folat, riboflavin, tiamin, dan niasin. Sementara mineral yang terkandung dalam air kelapa antara lain kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, dan zink.

Manfaat minum air kelapa di pagi hari

Memang air kelapa sangat cocok diminum di tengah hari yang terik. Namun sebaiknya sesekali coba ubah kebiasaan itu, minumlah air kelapa di pagi hari saat baru bangun tidur. Pasalnya, ada banyak kebaikan yang akan Anda dapat dari kebiasaan tersebut.

Tenang saja, minum air kelapa aman dilakukan meskipun dalam keadaan perut kosong karena minuman ini memiliki tingkat keasaman yang rendah sehingga tidak akan membahayakan sistem pencernaan jika dikonsumsi pada pagi hari.

Minum air kelapa di pagi hari dapat membantu menjaga kadar cairan dan elektrolit dalam tubuh tubuh, apalagi setelah semalaman Anda tidak makan dan minum. Manfaat ini bisa Anda dapatkan karena kandungan kalium pada air kelapa.

Tak hanya itu, fungsi kalium lainnya adalah menjaga detak jantung tetap teratur dan membuang produk limbah yang dihasilkan oleh sel-sel tubuh. Menurut data komposisi pangan Indonesia, dalam 100 mililiter air kelapa terdapat 149 miligram kalium.

Manfaat lain yang akan Anda dapatkan jika minum air kelapa di pagi hari adalah:

  • Meningkatkan kekebalan tubuh secara alami
  • Melancarkan metabolisme tubuh
  • Mendetoksifikasi tubuh
  • Menyeimbangkan pH tubuh
  • Membantu mengatasi kelelahan
  • Meredakan rasa tidak nyaman pada perut, misalnya sakit perut

The post Sudah Coba Minum Air Kelapa di Pagi Hari? Ini Manfaatnya Bagi Tubuh appeared first on Hello Sehat. [net]