10 Kapolres di Lingkup Polda Papua Diganti

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw saat menyematkan tanda pin kepada Kapolres Sarmi, AKBP Hapry Lanudjun/Humas Polda Papua

JAYAPURA-Bertempat di ruang aula Rasta Samara, Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw memimpin serah terima jabatan Dir Pol Airud dan 10 Kapolres, Jumat (8/11) pagi.

Data yang diperoleh Wartaplus.com, sebelumnya Dir Pol Airud yang dijabat Kombes Pol Yulius Bambang Karyanto akan digantikan Kombes Pol Ir. Kasmolan.

Sementara 10 Kapolres yang akan di ganti berdasarkan Surat Telegram Nomor: ST/2852/X/KEP/2019 tanggal 21 Oktober 2019 dan Surat Telegram Nomor: ST/2855/X/KEP/2019 tanggal 21 Oktober 2019 yang ditandatangani  AS SDM Polri Irjen Pol Dr. Eko Indra Heri S, M.M. yakni Kapolres Kapolres Mappi dimana akan di jabat AKBP Kosmos Jeujanan menggantikan AKBP I Gusti Agung Dhana Aryawan.

Kapolres Jayawijaya dijabat  AKBP Dominggus Rumaropen menggantikan AKBP Tony Ananda Swadaya, Kapolres Sarmi dijabat AKBP Hapry Lanudjun menggantikan AKBP Paul Isak Saukoly.

Kapolres Mimika dijabat AKBP I gusti Gede Era Adhinata, menggantikan AKBP Agung Marlianto, Kapolres Keerom dijabat AKBP Baktiar Joko Mujiono , menggantikan AKBP Muji Windi harto.

Sementara Kapolres Merauke AKBP Bahara Marpaung, S.H. diangkat dalam jabatan baru sebagai Wadirresnarkoba Polda Papua, AKBP Agustinus Ary Purwanto, S.I.K. Kapolres Puncak Jaya menduduki jabatan baru sebagai kapolres Merauke Polda Papua. dan AKBP Drs. Mikael Suradal menduduki jabatan baru sebagai Kapolres Puncak jaya yang sebelumnya menjabat sebagai Irbid Itwasda Polda Papua.

Kapolres Kepulauan Yapen yang sebelumnya dijabat AKBP Penri Erison, akan digantikan AKBP Kariawan Barus, Kapolres Waropen akan di jabat AKBP Suhadak menggantikan AKBP Supraptono, dan  Kapolres Boven Digoel akan di jabat AKBP Syamsurijal, S.I.K menggantikan AKBP Yohanes Afri Budi Slamet Riyadi.

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw dalam amanatnya mengungkapkan serah terima jabatan dilingkungan Polri merupakan hal yang lumrah dan biasa, selain itu juga merupakan bagian dari sistem pembinaan karir melalui suatu sistem "Tour of  Duty  and Tourof  Area  sehingga dirinya menyampaikan kepada perwira yang baru dilantik dengan  tugas yang baru, dapat melaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Lanjut Paulus, dengan adanya pergantian pimpinan, dirinya mengharapkan harus ada perubahan yang sejalan dengan kebijakan dan program unggulan Polda Papua yakni "Papua Satu Bangsa" yang di wujudkan dalam polisi sahabat sekolah, polisi sahabat pendeta, pastor dan ulama, polisi yang mampu mendorong terwujudnya gotong royong serta polisi menjadi mitra masyarakat.

Dirinyapun mengucapkan terima kasih kepada Kapolres lama atas dedikasi, pengabdian dan royalitas selama memimpin daerahnya masing-masing, selain itu juga dirinyapun tidak lupa mengucapkan terimah kasih kepada ibu pengurus Bhayangkari cabang jajaran Polda Papua atas dedikasi mendampingi Kapolres selama menjalankan tugas di wilayah.*