Jembatan Youtefa Jadi Destinasi Wisata di Papua

Jembatan Youtefa/ Istimewa

JAYAPURA-Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano, mengaku Pemerintah Kota Jayapura telah menganggarkan dana sebesar Rp19 miliar mengembangkan kawasan Jembatan Youtefa menjadi pusat destinasi wisata di Papua. 

"Kami telah menganggarkan dana sebesar Rp19 miliar untuk pengembangan kawasan Jembatan Youtefa. Anggaran Rp19 miliar, akan digunakan untuk membangun hotel, vila dan tempat kuliner," ungkapnya saat diwawancarai usai peresmian jembatan Youtefa oleh Presiden Joko Widodo, Senin (28/10) sore.

Kata Tomi, proses pengerjaan destinasi wisata nantinya akan di kerjakan oleh Bina Marga pada 2020 mendatang.“Harusnya dana tahun ini (2019), namun karena ada ribut-ribut, kita pending. Mungkin akan dibangun pada (tahun) 2020 oleh Bina Marga,”ujar Tomi Mano.

Tomi menyakini pengembangan Jembatan Youtefa menjadi pusat kawasan wisata dapat menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Jayapura. “Bisa menjadi PAD Kota Jayapura,” tuturnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo berpesan kepada Pemerintah Kota Jayapura dan Pemerintah Provinsi Papua agar dapat memanfaatkan Jembatan Youtefa sebaik mungkin dengan mengembangkan potensi wisata bahari di Teluk Youtefa.

Jokowi pun berharap kepada masyarakat Kota Jayapura dan Pemerintah Daerah bersungguh-sungguh menjaga Jembatan Youtefa karena sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari rakyat Papua.