5 Manfaat Teh Hitam Bagi Kesehatan

Net

WARTAPLUS - Sebagai salah satu jenis teh, teh hitam mungkin tidak sepopuler teh hijau di kalangan masyarakat yang ingin menjaga pola hidup sehat. Tapi jangan salah, teh hitam juga memiliki lima khasiat kesehatan berikut yang tidak kalah kerennya dari teh hijau, seperti dirangkum GoHitz dari berbagai sumber.

1. Cegah kanker

Teh hitam ternyata berguna dalam mencegah risiko penyakit kanker. Teh ini mengandung senyawa pembunuh kanker yakni polifenol dan katekin yang sangat mujarab dalam mencegah risiko serta tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.

2. Turunkan risiko penyakit jantung

Kendati mengandung kafein cukup tinggi di antara jenis-jenis teh lainnya, teh hitam ternyata berkhasiat dalam menurunkan risiko penyakit jantung. Kandungan antioksidan yang sangat tinggi dalam teh tersebut mampu mencegah kolesterol jahat yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

3. Menyehatkan mulut

Teh hitam juga sejak dahulu dianggap manjur untuk menjaga kesehatan mulut. Teh ini mengandung senyawa penting yang mampu mencegah pertumbuhan plak di gigi serta menghilangkan bau mulut.

4. Lancarkan pencernaan

Teh hitam memiliki khasiat untuk melancarkan sistem pencernaan. Senyawa tanin yang sangat tinggi dalam teh ini berguna untuk melancarkan saluran pencernaan serta mencegah risiko gangguan kesehatan terhadap sistem tersebut.

5. Pengganti kopi

Sudah saatnya Anda mengganti kopi dengan teh hitam lantaran mengonsumsi kopi terlalu sering bisa membahayakan jantung Anda. Sebaliknya, jika Anda terus mengonsumsi teh hitam maka jantung Anda tidak akan mengalami apa-apa malah cenderung sehat. Ini dikarenakan kandungan kafein teh hitam lebih rendah dibandingkan kopi.
[net]