10 Kapolres di Papua Diganti, Termasuk Jayawijaya

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol AM Kamal/Cholid

JAYAPURA - Sebanyak 10 Kapolres di jajaran Polda Papua akan di ganti. Hal ini berdasarkan Surat Telegram Nomor: ST/2852/X/KEP/2019 tanggal 21 Oktober 2019 dan Surat Telegram Nomor: ST/2855/X/KEP/2019 tanggal 21 Oktober 2019 yang ditandatangani  AS SDM Polri Irjen Pol Dr. Eko Indra Heri S, M.M.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal menerangkan pergantian atau mutasi yang dilakukan merupakan hal yang biasa dalam organisasi Polri, sebagai tour of duty personel Polri. Juga sebagai penyegaran sehingga Polri semakin kuat dan optimal dalam melindungi, melayani dan mengayomi,  memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, serta penegakan hukum.

Kamal menerangkan 10 Kapolres yang akan di ganti yakni Kapolres Mappi dimana akan di jabat AKBP Kosmos Jeujanan menggantikan AKBP I Gusti Agung Dhana Aryawan, S.I.K., M.I.K.

Kapolres Jayawijaya dijabat  AKBP Dominggus Rumaropen menggantikan  AKBP Tony Ananda Swadaya, S.H.

Kapolres Sarmi dijabat AKBP Hapry Lanudjun menggantikan AKBP Paul Isak Saukoly yang dimutasikan sebagai Pamen polda Papua.

Kapolres Mimika dijabat AKBP I gusti Gede Era Adhinata, menggantikan AKBP Agung Marlianto, S.I.K., M.H. diangkat dalam jabatan baru sebagai Kasubbaglemwil Baglem Rolemtalasrena Polri.

Kapolres Keerom dijabat AKBP Baktiar Joko Mujiono menggantikan AKBP Muji Windi harto, S.I.K., S.H.

Sementara Kapolres Merauke AKBP Bahara Marpaung, S.H. diangkat dalam jabatan baru sebagai Wadirresnarkoba Polda Papua, AKBP Agustinus Ary Purwanto, S.I.K. Kapolres Puncak Jaya menduduki jabatan baru sebagai kapolres Merauke Polda Papua. dan AKBP Drs. Mikael Suradal menduduki jabatan baru sebagai Kapolres Puncak jaya yang sebelumnya menjabat sebagai Irbid Itwasda Polda Papua.

Kapolres Kepulauan Yapen yang sebelumnya dijabat AKBP Penri Erison, S.Pd. akan digantikan AKBP Kariawan Barus, S.H., S.I.K., M.H. yang sebelumnya menjabat Kaden A Pelopor Satbrimob Polda Kepri.

Kapolres Waropen akan di jabat AKBP Suhadak menggantikan AKBP Supraptono, S.Sos., M.Si. yang dimutasikan sebagai pamen Polda Papua.

Dan yang terakhir Kata Kamal, Kapolres Boven Digoel akan di jabat AKBP Syamsurijal, S.I.K menggantikan AKBP Yohanes Afri Budi Slamet Riyadi, S.I.K.

Kamal pun menambahkan, selain 10 Kapolres, satu pejabat utama Polda Papua pun diganti yakni Dir Pol Airud berdasarkan surat Telegram Nomor: ST/2852/X/KEP/ 2019.

"Dir Polairud Polda Papua Kombes Pol Yulius Bambang Karyanto, mendapatkan promosi jabatan sebagai Kasubditfasharkam Ditpolairud Korpolairud Baharkam Polri.

Selanjutnya jabatan Dir Polairud Polda Papua akan di jabat oleh Kombes Pol Ir. Kasmolan yang sebelumnya menjabat sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Polair Baharkam Polri," terangnya.**