Hari Ini, 104 Pengungsi Asal Toraja Pulang ke Wamena

Ratusan pengungsi asal Toraja Sulawesi Selatan saat akan pulang ke Wamena/ Andy

SENTANI - Kurang lebih dua minggu bertahan di posko pengungsian gedung Tongkonan Kota Jayapura, sebanyak 104 pengungsi asal Toraja Sulawesi Selatan pulang ke Wamena menggunakan pesawat hercules milik TNI Angkatan Udara dari Base Ops Lanud Silas Papare Jayapura, Jumat (11/10) pagi.

" Hari ini ada ada 104 pengungsi asal Toraja Sulawesi Selatan yang pulang ke Wamena. Terdiri dari 78 orang dewasa dan 27 orang anak-anak. Para pengungsi yang pulang masih didominasi oleh anak-anak dan wanita," kata Komandan Lanud Silas Papare Jayapura, Marsma TNI Tri Bowo Budi Santoso kepada wartawan di Sentani, Jumat (11/10) pagi.

Danlanud mengungkapkan, anak-anak yang pulang rindu untuk bersekolah dan mengikuti ujian tengah semester.

" Dari keterangan anak-anak bahwa mereka rindu untuk kembali bersekolah karena sudah hampir dua Minggu meninggalkan Wamena. Apalagi saat ini tengah ada ujian, sehingga mereka tidak ingin ketinggalan pelajaran," terangnya.

Ia menambahkan, anak-anak pengungsi yang pulang ke Wamena mendapat bantuan berupa peralatan sekolah seperti sepatu, tas, buku dan seragam sekolah.

" Sementara orang dewasa mendapat bantuan berupa bahan sembako untuk digunakan saat tiba di Wamena," ujarnya.

Hingga saat ini jumlah pengungsi yang kembali ke Wamena melalui Base Ops Lanud Silas Papare Jayapura berjumlah 293 orang. Jumlah ini akan terus bertambah karena Lanud Silas Papare Jayapura membuka posko untuk mendata dan mendaftar pengungsi yang akan kembali ke Wamena.

" Sudah ada posko yang kita buka untuk mendata pengungsi yang akan pulang, kalau jumlahnya mencukupi maka akan kita terbangkan ke Wamena," tandasnya.**