Situasi Wamena Berangsur Kondusif, Para Guru Imbau Murid Kembali Bersekolah

Para pelajar di Wamena yang telah kembali bersekolah/PendamCenderawasih

WAMENA - Dua pekan pasca rusuh yang terjadi di Kota Wamena, aktivitas sekolah kembali digelar dilaksanakan pada Senin (7/10) pagi. Meski sudah mulai dilaksanakan, namun tidak semua siswa datang ke sekolah, masih banyak siswa-siswi yang tidak hadir karena masih mengungsi bersama orang tuanya keluar Wamena

Untuk itu, para guru mengimbau siswanya untuk kembali ke Wamena dan mulai mengikuti aktivitas belajar mengajar. Para guru mengaku saat ini situasi di Kota Wamena sudah kondusif sehingga siswa-siswi dapat kembali untuk mengikuti pendidikan.

“ Pasca kerusuhan yang terjadi situasi di Kota Wamena berangsur kondusif, sehingga kami himbau siswa yang mengungsi untuk kembali ke Wamena dan mengikuti kegiatan belajar mengajar seperti biasa,” kata Guru SMA Negeri 1 Wamena, Dorteus Wetipo, Senin (7/10) siang.

Hal senada juga disampaikan guru Matematika SMA Negeri 1 Wamena, Fitri. Dia menyampaikan bahwa situasi di Kota Wamena sudah kembali aman. Ia berharap agar siswanya kembali untuk bersekolah.

“ Kepada anak-anak saya yang masih berada di lokasi pengungsian untuk kembali dan mengikuti kegiatan belajar mengajar, situasi di Wamena sudah aman dan kondusif, kita bisa belajar lagi seperti biasanya,” ujarnya.

Sejumlah siswa pun mengimbau teman-temannya untuk kembali ke Wamena dan mengikuti kegiatan belajar mengajar, karena saat ini tengah dilakukan ujian tengah semester.

“ Bagi teman-teman yang masih di luar untuk kembali ke sekolah, kita adalah penerus bangsa, kita adalah penerus bangsa. Mari kembali ke sekolah karena situasi di Kota Wamena sudah berangsur aman dan kondusif,” ajak Siswa SMA Negeri 1 Wamena, Dewi Puspita Sari Rumbiak.

Sementara itu, meski aktivitas sekolah sudah berlangsung hari ini, namun aktivitas belajar mengajar belum dilakukan. Siswa yang datang hanya diminta membantu membersihkan ruangan kelas dan halaman sekolah kemudian dipulangkan.**