Ternyata Timun Juga Bisa Obati Asam Urat

Net

WARTAPLUS - Mempunyai riwayat asam urat tentu membuat Anda sedikit tersiksa. Tidak hanya tersiksa oleh rasa sakitnya, namun karena ketatnya pola makan yang perlu dijaga.

Ada banyak makanan yang harus dipantang oleh penderita asam urat, seperti jeroan dan daging merah. Keduanya kaya akan kandungan purin yang bisa memicu asam urat semakin tinggi. Namun ada juga makanan yang bagus untuk dikonsumsi karena memiliki zat yang bisa menurunkan kadar asam urat.

Satu di antara banyaknya makanan yang bagus untuk penderita asam urat tersebut adalah timun. Manfaat apa sajakah yang bisa didapatkan penderita asam urat dari timun? Simak tulisan berikut ini untuk mengetahuinya.

Manfaat timun untuk asam urat

Berikut adalah manfaat timun untuk penderita asam urat yang harus diketahui:

· Buah rendah purin

Bagi pengidap asam urat yang menjalani diet rendah purin. Timun adalah salah satu buah yang memiliki kandungan zat purin yang rendah. Dalam 100 gr timun, hanya ada 7,3 mg zat purin saja. Ini tentu cocok untuk penderita asam urat yang sedang menyusun daftar menu yang bisa dikonsumsi.

· Menambah asupan air yang diperlukan tubuh

Nyeri yang dirasakan penderita asam urat adalah akibat dari kadar asam urat yang tidak terkontrol. Sebagian besar, dokter menganjurkan untuk mengonsumsi air putih terutama ketika Anda merasakan nyeri akibat asam urat.

Air putih adalah salah satu cairan yang bisa turunkan kandungan asam urat. Kandungan air yang ada pada timun akan membantu Anda menambah asupan air yang sangat diperlukan tubuh untuk menurunkan kadar asam urat yang tinggi.

· Kurangi peradangan

Mengingat rasa nyeri adalah akibat dari aktifitas peradangan di area sendi. Maka timun bisa mengurangi peradangan tersebut. Zat yang ada di dalam timun bisa mencegah enzim pro-flamasi yang bisa meradangkan bagian tubuh Anda.

· Menetralisir kadar asam urat yang terlalu tinggi

Vitamin C yang terkandung pada timun bisa menetralisir kadar asam urat yang berlebihan di dalam darah Anda akibat gaya hidup dan pola makan yang kurang sehat.

· Mengatur berat badan tubuh

Timun menjadi buah yang bisa mengatur berat badan karena hanya memiliki kandungan gula sebanyak 1,67 gr / 100 gr dan juga serat sebanyak 0,65 gr yang siap membantu kelancaran sistem pencernaan Anda.

Cara mengolah timun untuk asam urat

Anda ingin mendapatkan manfaat dari timun untuk asam urat? Mari ikuti cara sederhana yang bisa dicoba di bawah ini:

· Camilan

Penderita asam urat sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah sebagai pengganti makanan ringan. Mengapa demikian? Karena banyak makanan ringan yang meniliki kandungan fruktosa, sodium dan kandungan bahan-bahan lain yang buruk untuk kondisi asam urat Anda.

Jadi sebagai gantinya, Anda bisa menjadikan timun sebagai camilan sehat Anda. Kupas dan bersihkan timun lalu potong sesuai dengan selera Anda. Tambahkan buah untuk asam urat lainnya guna menambah variasi rasa.

· Jus

Untuk mendapat manfaat dari timun, Anda bisa membuatnya menjadi jus segar. Caranya mudah, siapkan satu buah timun yang telah dikupas bersih, setengah buah lemon dan 2 cm jahe. Setelah semua bahan sudah siap, Anda bisa memulai pembuatan jus timun tersebut.

  • Potong timun dan jahe, masukan ke dalam juicer atau blender.
  • Tambahkan air sebanyak 100 ml dan air perasan lemon ke dalamnya, lalu haluskan.
  • Jus timun siap disantap.

Itulah tadi manfaat yang bisa diberikan timun untuk asam urat. Namun ternyata mengonsumsi timun saja tidak cukup untuk membuat asam urat Anda benar-benar sembuh. [net]