Hari ke 10, Jumlah Pengungsi Tembus 8.000 Orang

Ratusan penumpang saat tiba di Base Ops Lanud Silas Papare Jayapura,Rabu (2/10)/ Andy

JAYAPURA - Gelombang pengungsi dari Wamena menuju Jayapura terus bertambah, hingga Rabu sore tercatat jumlah pengungsi yang tiba di Base Ops Lanud Silas Papare Jayapura berjumlah delapan ribu lebih pengungsi.

"Jumlah pengungsi dari Wamena menuju Jayapura hingga sore ini sudah mencapai 8.051orang. Jumlah ini kemungkinan bertambah karena besok masih akan ada tambahan pengungsi yang datang," kata Kepala Penerangan Lanud Silas Papare Jayapura, Mayor Sus Rindar Noor Arifianto kepada wartawan di Sentani, Rabu (2/10) petang.

Dikatakan, tambahan pengungsi ini terjadi setelah pesawat hercules milik TNI Angkatan Udara mengangkut sedikitnya 1.500 warga dari Wamena menuju Jayapura.

" Hari ini kita operasikan tiga pesawat hercules untuk menjemput para pengungsi. Ketiga pesawat ini masing-masing terbang sebanyak tiga sorty dan membawa 1.545 pengungsi dari Wamena ke Jayapura," jelasnya.

Para pengungsi yang tiba rata-rata dijemput oleh keluarga dan kerabat yang ada di Sentani dan Jayapura, sementara sebagiannya ditampung di enam posko pengungsian yang disediakan.

" Untuk jumlah pengungsi yang berada di posko penampungan jingga sore tadi sebanyak 963 orang. Hingga saat ini semua kebutuhan pengungsi masih tercukupi," ujarnya.

Jumlah pengungsi diperkirakan akan terus bertambah karena besok pagi dua pesawat hercules masih akan menjemput para pengungsi. " Besok masih ada tiga pesawat yang standby untuk menjemput para pengungsi. Jumlah pengungsi dipastikan akan bertambah," tandasnya.*