Eksodus Warga dari Wamena ke Jayapura, Kapolda : Cukup Ini Dulu!

Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw meninjau para pengungsi di Yonif RK 751/VJS Sentani/ Andy

SENTANI-Satu hari setelah dilantik Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw bersama Kasdam XVII Cenderawasih Brigjen TNI Irham Waroihan dan Komandan Lanud Silas Papare Jayapura Marsma TNI Tri Bowo Budi Santoso mengunjungi ratusan pengungsi yang sementara berada di posko pengungsian, Selasa (1/10) pagi.

Kapolda mengatakan ribuan warga yang eksodus bukan hanya warga Wamena melainkan dari beberapa kabupaten lain seperti kabupaten Lanny Jaya, Tolikara, Nduga, Mamberamo Tengah, Yalimo dan beberapa kabupaten lain di wilayah pegunungan tengah papua.

“Hingga kini, jumlah pengungsi yang eksodus dari Wamena ke Sentani sebanyak 4.656 orang. Tapi tidak semua warga Wamena, ada yang dari beberapa kabupaten lain di wilayah pegunungan tengah karena mereka takut rusuh Wamena meluas kabupaten lainnya,” kata Kapolda Papua, Irjen Pol Palus Waterpauw di Sentani, Selasa (1/10) pagi.

Menurut kapolda, saat ini situasi di Wamena pasca rusuh yang terjadi sudah berlangsung kondusif, untuk itu ia mengimbau warga untuk tetap bertahan di Wamena dan tidak eksodus menuju Jayapura maupun kembali ke kampung halamannya.

“Kami berharap cukup ini dulu. Memang banyak warga yang ingin turun, tapi kita harap cukup dulu. Kami (TNI-Polri) akan menjamin keamanan warga yang bertahan di Wamena maupun daerah lainnya,”tegasnya.. Dalam kunjungan tersebut, Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw menyerahkan bantuan berupa bahan makanan kepada para pengungsi.*