2.600 Warga Wamena Mendaftar Untuk Mengungsi ke Jayapura

Ratusan pangungsi yang sementara berada di Bandara Wamena/ Andy

JAYAPURA - Jumlah warga Wamena yang ingin mengungsi ke Jayapura terus bertambah, jika sebelumnya warga yang mendaftar untuk mengungsi mencapai 1.500 orang, kini bertambah menjadi 2.600 orang.

" Jumlah yang sudah mendaftar ke Lanud Wamena hingga saat ini mencapai 2.600 orang. Jadi ternyata awalnya 1.500 orang kini bertambah lagi menjadi 2.600 orang. Artinya masyarakat yang ingin mengungsi semakin meningkat," kata Danlanud Silas Papare Jayapura/ Marsma TNI Tri Bowo Budi Santoso, kepada wartawan di Base Ops Lanud Silas Papare Jayapura, Sabtu (28/9) pagi.

Dikatakan, untuk mengangkut para pengungsi yang terus bertambah, pihaknya akan menambah penerbangan.

" Jika biasanya satu hari kita terbang tiga sorty, maka kita akan ditambah menjadi empat kali sorty. Satu sorty biasanya membawa 150-170 pengungsi," ujarnya.

Disinggung soal jumlah pengungsi yang tiba di Jayapura, Danlanud mengatakan, jumlah pengungsi yang terdata mencapai 1.368 orang.

" Rata-rata para pengungsi yang tiba langsung dijemput oleh keluarga dan kerabat. Sementara pengungsi yang tidak memiliki keluarga di Jayapura ditampung di Aula Lanud Silas Papare Jayapura dan Aula Yonif 751/rider Sentani," imbuhnya.

Danlanud berharap agar cuaca juga mendukung upaya evakuasi para pengungsi, sehingga mereka dapat berkumpul dengan keluarga dan kerabatnya.

" Semoga cuaca mendukung evakuasi yang kita lakukan, supaya mereka bisa berkumpul dengan keluarga dan kerabat agar trauma yang dialami secepatnya hilang," tandasnya.**