Pilgub Papua 2018, Lukmen 1 dan Josua 2

Pencabutan nomor urut pilgub papua 2018, paslon Lukmen 1 dan Josua 2, berlangsung dalam rapat pleno terbuka KPU Papua, Rabu (21/2)/Riri

JAYAPURA, - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua menggelar rapat pleno terbuka Pencabutan Nomor Urut Pasangan Calon Gubernur Wakil Gubernur 2018, berlangsung di halaman kantor KPU Papua, Rabu (21/2) siang.

Kedua pasangan calon, Lukas Enembe - Klemen Tinal (Lukmen) dan John Wempi Wetipo -  Habel Melkias Suwae (Josua) mendatangi kantor KPU bersama dengan tim koalisi dan massa simpatisan masing masing.

Acara diawali dengan pengambilan nomor urut oleh calon Wakil Gubernur dari kedua kandidat. Diawali  Habel Melkias Suwae yang mengambil nomor urut 1, disusun Klemen Tinal yang mendapatkan nomor urut 2.

Usai pengambilan nomor urut, waktu yang ditunggupun tiba, yakni pencabutan nomor urut oleh masing masing Calon Gubernur. Teriakan yel yel dari kedua massa pendukung, membuat  prosesi pencabutan nomor urut semakin semarak. Sebagai pendaftar pertama, Lukas Enembe didapuk untuk lebih dulu mencabut nomor urut kemudian disusul John Wempi Wetipo.

Dipandu langsung Ketua KPU, Adam Arisoy, kedua cagub akhirnya sukses mencabut nomor urut yang ditempatkan dalam tifa kecil . Ketegangan nyaris tak terlihat dari kedua kandidat, saat Adam Arisoy mulai menghitung mundur dari angka 10 ke 5 untuk kemudian nomor urut dibuka secara bersamaan oleh kedua kandidat

Hasilnya, pasangan Lukmen mendapatkan nomor urut 1, sedangkan Josua mendapatkan nomor urut 2. Teriakan yel yel dari massa pendukung yang membawa poster dan spanduk, bergambar kandidat dan nomor urut jagoannya, terus membahana bersahut sahutan.

Usai pencabutan nomor urut, dilanjutkan dengan penyerahan pigura dari KPU ke pasangan calon, lalu dilanjutkan dengan penetapan nomor urut paslon. Hingga berita ini diturunkan rapat pleno masih berlangsung.[Riri]