Peduli Korban Kebakaran Asmat, Polda Papua Galang Dana

Aksi penggalangan dana dalam apel pagi di Mapolda Papua /Istimewa

JAYAPURA - Bertempat di lapangan apel Mapolda Papua telah dilaksanakan kegiatan bakti sosial yaitu pengumpulan dana sukarela untuk korban bencana kebakaran di Kabupaten Asmat, Kamis (19/9).

Karo Ops Polda Papua, Kombes Pol Gatot Ariwibawa yang memimpin apel pagi mengatakan, pengumpulan dana tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian Polda Papua terhadap para korban bencana kebakaran. 

"Semoga apa yang diberikan tersebut dapat bermanfaat bagi para korban. Dan selanjutkan akan diserahkan kepada pihak terkait yaitu pemerintah daerah," ujarnya.

Perlu diketahui, kebakaran ini menghanguskan ratusan rumah dan tempat usaha warga, seperti pertokoan dan kios, di sepanjang Jalan Yos Sudarso, pertigaan Jalan Muyu, Jalan Ayam Kecil, dan pertigaan Jalan Dolog.

"Kita lihat bersama bahwa kasus kebakaran yang terjadi mengakibatkan 225 kepala keluarga dan 897 jiwa harus kehilangan tempat tinggal. Pemerintah Kabupaten maupun TNI-Polri telah melakukan langkah-langkah kemanusian dengan membuka posko untuk menampung para korban musibah kebakaran. Posko tersebut, berada di Aula Wiyata Mandala Dinas Pendidikan, Aula Gereja Betlehem, dan Masjid An-Nur," jelasnya.

Saat ini, pihak kepolisian belum melakukan olah TKP untuk mengetahui penyebab terjadinya kebakaran, mengingat kondisi lokasi kebakaran belum dapat dijangkau karena kondisinya tidak memungkinkan untuk aparat tiba di lokasi. **