Usai Lantik Herman Asaribab Sebagai Pangdam Cenderawasih, Kasad Balik Jakarta

Salam komando antara Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa dengan Mayjen TNI Herman Asaribab dan Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring di Makodam XVII/Cenderawasih/Andy

JAYAPURA - Mayjen TNI Herman Asaribab resmi dilantik sebagai Panglima Kodam (Pangdam) XVII Cenderawasih menggantikan Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring.

Pelantikan dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa di aula Tony Rompis, Makodam XVII Cenderawasih, Selasa (17/9) siang.

Pelantikan yang dimulai sekitar pukul 11.45 WIT ini ditandai dengan penyerahan bendera pataka Kodam XVII / Cenderawasih dari Kasad kepada pejabat lama dan diserahkan kepada pejabat baru. Dilanjutkan dengan menandatangani perjanjian dan memasang tanda pngkat serta penyerahan tongkat komando.

Kegiatan sertijab yang dilaksanakan secara sederhana ini dihadiri oleh Kapolda Papua, Irjen Pol Rudolf Albert Rodja, Katua FKUB Provinsi Papua, Lipius Biniluk, Kepala BNN Papua, Jacksen Lapalonga, dan tokoh masyarakat.

Usai acara palantikan, wartawan yang menunggu untuk mewawancarai Kasad. Namun ia enggan memberikan komentar 

"Gak usah lah, kita makan siang saja ya. Teman-teman sudah tau ada? Langsung kesana saja," ujar KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa menampik permintaan perbincangan yang diminta wawancara.

Beberapa jam sebelumnya, Kapendam XVII Cenderawasih, Letkol CPL Eko Daryanto, mengatakan bahwa Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Andika Perkasa bahwa tidak akan memberikan komentar kepada wartawan usai sertijab.

"Boleh teman-teman (Wawancara) mengambil gambar video dan foto, tetapi tidak dapat diijinkan untuk wawancara. Ini adalah permintaan beliau (KSAD) yang tidak akan menyediakan doorstop atau wawancara," katanya.

Sementara itu, sekitar 30an. Warta yang sudah datang ke Makodam XVII / Cenderawasih untuk meliput sertijab memilih duduk di sekitar Pendam XVII / Cenderawasih tidak boleh diijinkan untuk wawancarai Kasad.