Buah yang Cocok Dikonsumsi Bagi Para Penderita Kolestrol Tinggi

Net

WARTAPLUS - Tentunya Anda pasti telah mengetahui bukan, jika kolesterol tinggi tidak dikendalikan dapa memicu terjadinya stroke hingga serangan jantung. Selain dengan melakukan olahraga dan memimun obat kolesterol, untuk mengatasinya Anda juga sangat diperlukan untuk menjaga asupan pola makan.

Salah satunya ialah dengan mengurangi makanan berlemak jenuh dan memperbanyak makanan sehat seperti buah dan sayur. Buah-buahan mengandung serat yang larut dalam air, dapat membantu menurunkan penyerapan lemak dan kolesterol dalam darah. Selain itu, buah juga mengandung senyawa-senyawa yang dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL. Serta serta membantu melancarkan aliran darah dan mencegah terjadinya penyakit jantung. Nah, berikut beberapa buah yang disarankan untuk dikonsumsi penderita kolesterol tinggi.

5 Buah untuk Penderita Kolesterol Tinggi :

  • Apel

Buah apel terutama bagian kulitnya, mengandung serat larut air yang ampuh untuk membantu menurunkan kolesterol berlebih di dalam darah. Serat larut air ini juga bekerja menyerap kolesterol dan lemak jahat di dalam usus halus, untuk dibantu dikeluarkan dari tubuh melalui urine dan feses.

  • Mangga

Buah mangga dapat menjadi salah satu jenis buah favorit banyak orang karena rasanya yang lezat. Tidak hanya itu saja, buah mangga juga memiliki tampilan yang menggugah selera. Di dalam buah mangga terkandung serat prebiootik, pectin dan vitamin C. Sehingga buah mangga memiliki manfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah dan mencegah penumpukan plak.

  • Pepaya

Buah pepaya tinggi akan antioksidan seperti likopen serta vitamin C dan E. Buah pepaya juga dapat menjadi salah satu buah untuk membantu menurunkan kolesterol HDL. Kolesterol dapat menempel pada pembuluh darah jika terjadi oksidasi hingga mengakibatkab penumpukan plak dan menutupi pembuluh darah. Vitamin C dan E dalam buah pepaya juga menyatu dengan enzim yang disebut paraxonase yang dapat menghambat adanya oksidasi di dalam pembuluh darah.

  • Pir

Buah pir merupakan jenis buah yang tinggi kandungan serat alami. Buah pir dapat mencukupi 16% kebutuhan serat harian Anda. Bahkan, nilai kandungan serat buah pir lebih tinggi dari buah apel. Sehingga pektin dalam buah pir dapat mengikat kolesterol dan mengangkutnya keluar dari tubuh, hingga kadar kolesterol jahat dalam tubuh dapat menurun.

  • Pisang

Buah ini termasuk buah yang sangat digemari oleh masyarakt. Buah pisang mengandung serta tinggi yang sangat dibutuhkan tubuh dalam menunjang kebutuhan serat tubuh, disamping hanya dari makanan saja. Mengonsumsi buah pisang secara teratur, dipercaya mampu mengurangi lemak kolesterol tinggi di dalam tubuh.

Itulah sekilas artikel mengenai beberapa jenis buah-buahan yang kaya akan serat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol berlebih di dalam tubuh. Semoga bermanfaat. [rmol]