Oknum PNS Kabupaten Puncak Tertangkap Dalam Razia Pabrik Miras Lokal

Petugas Kepolisian mengamankan barang bukti miras lokal/Cholid

JAYAPURA - Menindaklanjuti tindak kriminalitas yang disebabkan oleh faktor minum keras, Tim Gabungan Polres Jayapura Kota menggelar razia pabrik miras lokal, di seputaran Waena, Sabtu (27/7) pagi.

Dalam razia yang dipimpin langsung Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R Urbinas tersebut, empat orang berhasil diamankan, satu diantaranya diketahui berstatus pegawai negeri sipil di lingkup pemerintahan kabupaten Puncak berinisial NK. Sementara tiga orang lainnya yang diamankan yakni BE (36) JA (20) dan YH (35).

Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R Urbinas mengungkapkan razia/penggerebekan penjual miras ilegal jenis milo ini dalam rangka menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif di wilayah Kota Jayapura. Apalagi setiap permasalahan kriminal yang terjadi selalu dipicu oleh Miras (minuman keras)

Tindakan ini, lanjut Gustav, tidak lain merespon kejadian curas (pencurian dan kekerasan ) dan penganiayaan di seputaran Expo Waena

"Kegiatan hari ini merupakan salah satu dari sekian banyak kegiatan kepolisian untuk menciptakan rasa aman bagi masyarakat di kota Jayapura, karena miras merupakan salah satu penyebab tingginya angka kriminalitas," tutur Gustav

Ia menegaskan, tidak akan memberikan toleransi bagi oknum siapa saja yang melakukan aktivitas jual beli minuman keras ilegal maupun pembuatan miras lokal di Kota Jayapura.

"Saya ingatkan dan tegaskan jangan bermain dengan hukum, karena saya tidak berikan kesempatan bagi penjual miras ilegal dan oplosan dan saya akan tindak tegas sesuai prosedur dan hukum yang berlaku," tegasnya.

Pria asal Biak Ini pun menerangkan selain mengamankan empat orang pelaku, pihaknya pun juga mengamankan 13 pemuda yang sedang pesta miras di seputaran Waena.

"Empat pelaku pengoplos miras kami tangkap di belakang Anjungan Expo dan pinggir kali expo Waena, mirisnya dari diantaranya berstatus PNS. Sementara dalam razia kami amankan 13 pemabuk," jelasnya

Gustav mengimbau kepada seluruh masyarakat khususnya di kota Jayapura untuk memasang aplikasi noken guna mendapatkan respon cepat Polres Jayapura apabila terjadi satu yang tidak diinginkan saat sedang beraktivitas.

"Kami imbau seluruh masyarakat memasang aplikasi noken di handphone masing-masing, karena kita akan bergerak cepat apabila terjadi sesuatu entah itu kriminalitas atau kejadian lainnya, karena aplikasi itu merupakan tindak lanjut respon cepat kami," imbaunya